Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Achmad Supriyadi dan Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono menyatakan, sama-sama siap mengamankan jalannya Pilkada serentak 2018 di Kalbar.

"Dalam hal ini kami sebagai BKO (bawah kendali operasi) untuk pengamanan Pilkada serentak di Kalbar, yang gelar pasukannya akan dilaksanakan minggu depan," kata Achmad Supriyadi seusai memimpin upacara Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2018, di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, pada dasarnya Kodam XII Tanjungpura siap bekerjasama dan membantu Polda Kalbar dalam menjaga dan mengamankan proses Pilkada secara serentak di Kalbar 2018.

"Sebenarnya kesiapan tersebut, bukan hanya fisik saja, melainkan juga siap netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono menyatakan, berbagai persiapan sudah dan akan dilaksanakan dalam pengamanan Pilkada di Kalbar, diantaranya akan menerima kunjungan dari pejabat dari Mabes Polri.

"Termasuk akan menerima kunjungan pangdam se-Kalimantan dan dari Polda se-Indonesia dalam rangka pengamanan Pilkada tersebut," ujarnya.

Sebelumnya Polda Kalbar, telah membentuk Satgas Pilkada Damai 2018, yang melibatkan berbagai pihak, untuk membangun semangat kebersamaan dalam Pilkada yang aman, damai, lancar dan sukses.

"Satgas ini juga guna mengantisipasi gejolak yang dikhawatirkan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, ini adalah Satgas yang kaitannya dengan pendingin atau `cooling center`," kata Didi.

Walaupun Kalbar tidak sebagaimana yang dikhawatirkan, akan tetapi antisipasi perlu ditingkatkan, seperti melakukan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat. "Karena saya pun juga orang Kalbar, jadi saya tahu bagaimana warga Kalbar ini cinta damai, namun antisipasi itu sangat perlu dilakukan," kata Kapolda Kalbar.

Pilkada secara serentak tahun 2018 di Kalbar tersebut, yakni Pilgub, Pilwako Pontianak, dan Pilbup, yakni di Kubu Raya, Sanggau, dan Mempawah.


(U.A057/A029) 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018