Singkawang (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, A Kismed meminta warga untuk waspada terhadap penyakit yang sering muncul di musim hujan saat ini.

"Jaga selalu stamina tubuh serta makan makanan yang bergizi," kata Kismed, di Singkawang, Selasa.

Menurutnya, beberapa penyakit yang sering muncul di musim hujan, diantaranya diare, ISPA, dan demam berdarah. "Tiga penyakit ini sangat rentan apabila musim hujan," ujarnya.

Mengenai kondisi cuaca sekarang ini, dia juga menyarankan jika tidak ada keperluan yang mendesak sebaiknya warga jangan keluar rumah.

"Kalau memang tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya jangan keluar rumah. Karena cuaca hujan yang disertai dengan angin kencang sangat rawan bagi pengendara," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Singkawang, Jayadi mengatakan, curah hujan beberapa hari ini berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir, puting beliung, longsor dan bandang.

"Kepada warga Singkawang diimbau untuk waspada terhadap banjir, angin puting beliung, longsor dan bandang," katanya.

Dia mengungkapkan, biasanya angin puting beliung sangat rawan terjadi khususnya di wilayah Singkawang Tengah, Utara dan Selatan. Sedangkan bandang sangat rawan terjadi di wilayah Singkawang Timur.

"Jadi melihat situasi cuaca sekarang ini, mohon perhatian kepada para nelayan serta jasa transportasi laut dan jasa galian C untuk selalu waspada dan berhati-hati, karena cuaca pancaroba sekarang ini mudah berubah ekstrem," ujarnya.




(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018