Putussibau  (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau secara resmi menyalurkan perdana Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) untuk wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Penyaluran Bansos Rastra untuk Januari mulai di salurkan hari ini, semoga mendatangkan manfaat bagi masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kapuas Hulu H Muhammad Sukri usai Launching penyaluran perdana Bansos Rastra di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, di Putussibau, Kamis.

Dijelaskan Sukri, tahun ini penyaluran Bansos Rastra ditanggung pemerintah dengan ditiadakannya biaya harga tebus sampai ke titik distribusi yang disepakati.

Baca juga: Bulog Putussibau siapkan penyaluran bansos rastra

Namun, kata Sukri, jika tahun sebelumnya 15 kg/ KPM, untuk tahun ini hanya 10 kg/KPM, tetapi harga tebus tidak ada lagi.

Dirinya mengatakan program pemerintah melalui Kementerian Sosial itu merupakan upaya untuk ketahanan pangan masyarakat.

"Bansos Rastra itu disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat sesuai mekanisme petunjuk dari kementerian sosial," jelas Sukri.

Baca juga: Bulog Singkawang salurkan 70 ton rastra

Sementara itu, Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau, melalui Kepala Gudang Bulog Putussibau, Kusmayadi mengatakan Bansos Rastra untuk Kapuas Hulu tahun 2018 sebanyak 1.539,6 ton untuk 12.830 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

  "Hari ini penyaluran perdana bansos rastra alokasi Januari, sedangkan untuk alokasi Februari masih menunggu Surat Perintah Penyaluran dari Kemensos," jelas Kusmayadi.

Selain launching penyaluran perdana Bansos Rastra itu, dihari yang bersamaan juga dilaksanakan sosialisasi terkait mekanisme penyaluran Bansos Rastra.



Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018