Sukadana (Antaranews Kalbar) - Rumah sakit pertama di Kabupaten Kayong Utara,  RS Pratama di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, diperkirakan akan mulai beroperasi pada bulan April mendatang.

"Saat ini kita sedang dalam proses terutama untuk rekruitmen dan juga mempersiapkan dasar - dasar peraturannya. Namun diperkirakan kalau bisa mudah - mudahan pada bulan April ini sudah bisa melayani masyarakat," kata Direktur Rumah Sakit Pratama Kayong Utara, dr Maria Fransisca A.S Mars di Sukadana, Senin.

Ia melanjutkan, walaupun rumah sakit pertama di Kabupaten Kayong Utara ini masih kategori tipe D namun Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan mempersiapkan beberapa dokter spesialis.

Baca juga: Hildi targetkan RS KKU operasional tahun ini

Para dokter spesialis ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan dasar masyarakat Kayong Utara.

"Yang artinya ini merupakan salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang kurang lebih seperti puskesmas namun Pemda Kayong Utara itu memberikan dukungan yang kuat dalam hal pengadaan dokter spesialis," kata dia.

Ia menjelaskan, pengadaan dokter spesialis langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang saat ini dalam proses pengajuan dan pemenuhan kelengkapan administrasi lainnya.

Baca juga: Dua RS di Pontianak rujukan KPU KKU

"Dokter spesialis yang akan diadakan tentu empat spesialis dasar, yaitu dokter spesialis dalam, kemudian bedah, spesialis anak dan kandungan dan kebidanan," kata dia lagi.

Baca juga: Dinkes Kabupaten/Kota Diminta Ajukan Kebutuhan Dokter Spesialis

Masyarakat Kabupaten Kayong Utara selama ini harus menggunakan fasilitas kesehatan daerah lain untuk mendapat pelayanan yang lebih lengkap karena ketiadaan rumah sakit sejak kabupaten ini berdiri tahun 2007.

Rujukan utama adalah ke Kabupaten Ketapang atau ke Kota Pontianak. Adanya rumah sakit ini setidaknya akan memperkuat pelayanan kesehatan dari pemerintah daerah ke masyarakat Kayong Utara.

Baca juga: Kayong Utara Dukung Wajib Kerja Dokter Spesialis

Pewarta: Teguh Imam Wibowo/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018