Mempawah  (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, menetapkan empat pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2018. Dua dari empat pasangan tersebut dari jalur erseorangan.

Penetapan pasangan peserta Pilkada tersebut diumumkan ke publik saat rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Kabupaten Mempawah 2018 di Wisma Nusantara Mempawah, Senin.

Keempat pasangan tersebut, terdiri atas Erlina-Muhammad Pagi, Syech Bandar-Hermanto Liem yang diusung partai politik dan dua pasangan perseorangan, yakni Rahmad Satria-Riduan Rusli dan pasangan Rudy Bachtiar-Mochrizal.

Komisioner KPU Mempawah, Agoes Soesanto menegaskan, perbaikan persyaratan pasangan calon perseorangan Rahmad Satria-Ridwan Rusli telah memenuhi syarat dengan dukungan 22 ribu lebih dan tersebar di 9 kecamatan.

Pasangan calon perseorangan lain, yakni Rudy Bachtiar-Mochrizal memenuhi syarat, dengan dukungan 20 ribu lebih.


Penetapan empat pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2018 (Aries Zaldi) (Aries Zaldi)


"Pasangan calon jalur perseorangan Rahmad Satria-Riduan Rusli dan Rudy Bachtiar-Mochrizal berdasarkan hasil verifikasi faktual dan perbaikan sampai batas yang ditentukan kami nyatakan memenuhi syarat," katanya.

Sedangkan pasangan Erlina-Muhammad Pagi diusung partai Golkar, Demokrat, NasDem, Gerindra, PKS dan PBB dengan 17 kursi. Sedangkan pasangan calon Syech Bandar-Hermanto Liem diusung PKB dan PDIP dengan 8 kursi.

Sementara dalam rapat pleno terbuka tersebut, Ketua KPU Mempawah, Kusnandi mengungkapkan proses tahapan pilkada Kabupaten Mempawah secara menyeluruh merupakan proses panjang. "Besok, 13 Februari 2018 merupakan hari penetapan nomor urut," katanya.

Dia juga mengingatkan batas akhir pembersihan alat peraga sosialisasi pasangan calon harus dibersihkan di ruang publik. "Paling lambat 15 Februari jam 00.00 WIB," kata Kusnandi.

Selain mengingatkan pasangan calon membersihkan alat peraga, KPU Mempawah mengimbau pihak terkait menutup alat peraga pasangan calon. "Kami harapkan pihak terkait menutup alat peraga kampanye. Karena saat ini bupati Mempawah, misalnya, sudah cuti," katanya. 

Pewarta: Nurul Hayat/Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018