Mempawah (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menggelar rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah tahun 2018  di Mempawah, Selasa.

Sejumlah anggota Dalmas Polres Mempawah dan anggota Kodim 1201/MPW disiagakan guna mengamankan kelangsungan rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah berlangsung lancar.

Ada empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju pada pilkada Mempawah  yaitu Syech Bandar-Hermanto Liem , Rahmad Satria-Ridwan Rusli, Erlina-Muhammad Pagi, dan Rudhy Bachtiar-Mochrizal.

"Rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Mempawah menetapkan pasangan nomor urut 1 yakni pasangan calon Syech Bandar-Hermanto Liem. Nomor urut 2 yakni pasangan calon Rahmad Satria-Ridwan Rusli. Nomor urut 3 yakni pasangan calon Erlina-Muhammad Pagi, dan nomor urut 4 pasangan calon Rudhy Bachtiar-Mochrizal," kata Ketua KPU Mempawah, Kusnandi.

Berdasarkan peraturan KPU nomor 15 tahun 2017, nomor urut dan daftar pasangan calon yang telah ditetapkan, selanjutnya akan digunakan untuk mencetak surat suara, keperluan kampanye dan dipasang di setiap TPS pada hari pemungutan suara.

"Selanjutnya KPU Mempawah menuangkan berita acara tersebut dalam keputusan KPU Kabupaten Mempawah dan digunakan sebagaimana mestinya," ujar Kusnandi.

Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso menegaskan dalam mengawal kelangsungan pilkada diwilayahnya, dikatakan akan menyiapkan 2/3 anggota.

"Secara prinsip kami siap antisipasi dengan melakukan patroli, mengamankan cipta kondisi dalam rangka suksesi pilkada.  Ada 2/3 personil yang kita siapkan, yang juga akan di back up Polda Kalbar. Kekuatan Polri ini mudah-mudahan akan semakin tenang. Kita minta semua pihak saling menjaga kamtibmas," katanya.

Sementara, Dandim 1201/MPH Letkol Armed Anom Wirasunu menyatakan sudah sepakat satu suara untuk mengamankan pilkada yang berlangsung.

"Kami sudah koordinasikan dan siap BKO kan ini. Intinya kita satu suara, satu visi dengan satuan yang lain, termasuk berkoordinasi dengan batalyon marinir untuk siap membackup Polres Mempawah mengamankan Pilkada Mempawah ini aman, damai dan berjalan dengan baik," tegas Dandim.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018