Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Calon Gubernur Kabar, Karolin Margret Natasa menyatakan, Credit Union harus mampu menjadi pilar ekonomi bagi masyarakat Kalbar.

Untuk itu, dirinya memandang perlu untuk memaksimalkan keberadaan koperasi atau CU yang ada untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Seperti yang kita ketahui, saat ini CU bukan lagi sekadar sebagai lembaga simpan-pinjam, namun CU sudah menjadi sarana pembebasan rakyat jelata dari segala bentuk pemiskinan dan pembodohan. Peran CU juga cukup signifikan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah, sehingga perlu kita maksimalkan keberadaannya," kata Karolin saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan KSP CU Pancur Kasih 2017 di Pontianak, Senin.

Dirinya menambahkan, CU saat ini bukan lagi hanya lembaga keuangan yang beromzet kecil-kecilan, namun telah memiliki investasi hingga triliunan rupiah.

Hal itu terjadi karena CU didesain untuk mengangkat harkat kelas masyarakat miskin, baik di perkotaan dengan usaha kerajinan dan dagang kecil maupun di pedesaan dengan pertanian sedang sampai gurem.

"Tujuan itu jelas untuk usaha gerakan pembebasan dari pemiskinan. Dalam tataran ini tampak bahwa pemodal-pemodal besar atau konglomerat tak mendapat tempat dalam kelompok Credit Union, sebab yang diutamakan dalam CU adalah kebersamaan dan saling membantu," tuturnya.

Mantan anggota DPR RI dua periode itu menambahkan, di Landak, pertumbuhan CU juga sangat baik, dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan lembaga ini untuk meningkatkan usahanya.

Untuk itu, dirinya memandang perlu upaya memaksimalkan keberadaan CU agar dapat membantu pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Landak.

"Jika di Landak semakin banyak usaha kecil yang tumbuh, tentu ini juga berpengaruh pada percepatan perputaran ekonomi daerah. Ujung-ujungnya, lapangan pekerjaan baru banyak terbuka dan angka pengangguran bisa ditekan," katanya.

Tidak hanya CU, lanjut Karolin, dirinya juga akan mendorong perbankan untuk memaksimalkan penyaluran KUR kepada masyarakat, agar dunia usaha di Landak bisa semakin bergairah.

"Ini juga sudah kita tuangkan dalam Visi dan Misi pencalonan saya sebagai Gubernur Kalbar," katanya.


Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018