Pontianak (Antaranews Kalbar) - Dua anggota Bhabinkamtibmas Polsek Air Besar dan Polsek Kuala Behe, membantu proses vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) di Desa Engkangin Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim vaksinator Rabies Kabupaten Landak. Drh Intan selaku ketua tim, beserta 7 orang lainnya dari Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Hewan Kabupaten Landak," kata anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Air BesaR Brigpol Firmansyah, di Ngabang, Selasa.

Dia mengatakan, bersama anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kuala Behe, Bripka Harmoko merupakan anggota tim vaksinator yang telah dilatih oleh dinas terkait sebelumnya.

Baca juga: Kalbar Tetapkan Status Tanggap Darurat Rabies

"Sebanyak 170 ekor anjing yang kita vaksin hari ini untuk 2 Dusun di Desa Engkangin, yaitu Dusun Engkangin dan Dusun Tauk, Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan kegiatan yang kami laksanakan ini" kata Brigpol Firman.
Polisi membantu proses vaksinasi Hewan Penular Rabies (Istimewa)


Firman menjelaskan, sebelum turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi VAR, dirinya telah melakukan pendataan awal HPR di Kecamatan Air Besar.

Kegiatan berlangsung dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam, untuk mendapatkan data, siapa saja warga yang hewannya bersedia untuk di vaksinasi HPR.

Dia mengakui, mengingat masyarakat banyak yang membawa anjing nya ketika berladang dan berkebun. Sehingga tim Vaksinator harus menunggu sampai masyarakat pulang.

"Namun, kegiatan tersebut disambut positif oleh masyarakat Desa Engkangin dan kita sangat bersyukur ada kerja sama yang baik dari masyarakat dan pihak pemerintah desa," katanya.
Polisi membantu proses vaksinasi Hewan Penular Rabies (Istimewa)

Di tempat yang sama, Kepala Desa Engkaning, Andri mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada tim Vaksinator Rabies yang sudah datang jauh-jauh ke desa mereka untuk memberikan vaksinasi anjing di sana.

"Sebelumnya kami takut karena berita tentang rabies yang sudah sangat meresahkan. Tapi sekarang kami sudah lega," kata Andri.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018