Sambas (Antaranews Kalbar) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo saat ke Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat meminta bupati setempat Atbah Romin Suhaili untuk mengusulkan Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

"Bupati Sambas segera usulkan Prukades mengingat masih banyak desa yang tertinggal di Kabupaten Sambas tersebut," ujarnya di Sambas, Sabtu.

Ia menyebutkan dengan mengusulkan program Prukades, terbukti di beberapa kabupaten yang sudah mengajukan di Indonesia dari desa tertinggal menjadi desa berkembang.

"Bupati Sambas janji minggu depan akan ke Jakarta untuk mengusulkan program Prukadesnya. Dari situ nantinya, saya akan hubungkan dengan beberapa Kementerian terkait," katanya.

Lanjutnya, melalui Prukades juga ia juga akan menghubungkan usulan Bupati Sambas tersebut dengan perbankan dan dunia usaha.

"Akan dibuat klaster ekonomi. Sehingga menjadi satu kawasan yang terintegrasi secara vertikal dari hulu sampai Hilir sehingga ada jaminan pasar buat di daerah-daerah," kata dia.

Terkait kehadirannya di Sambas satu di antaranya adalah memberikan bantuan kepada sepuluh BUMDes yang terdapat di Kabupaten Sambas.

"Hari ini kita memberikan bantuan kepada 10 BUMDes yang ada, 10 BUMDes masing-masing mendapatkan bantuan Rp50 juta. Nanti BUMDes lain kalau sudah berjalan, juga diusulkan kita beri bantuan," papar dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018