Pontianak (Antaranews Kalbar)  - Sejumlah penggemar musik jazz di Kota Pontianak yang tergabung dalam K - Jazz ingin kembali menggairahkan para komunitas serupa sekaligus menggali potensi yang jarang atau tidak dimiliki daerah lain di Indonesia bahkan dunia.
    "Salah satunya dengan menampilkan kembali musik jazz sambil memperkenalkan keindahan dan keunikan Kota Pontianak," kata Yuza Chaniago, salah seorang inisator K - Jazz di Pontianak, Rabu.
    Ia melanjutkan, bersama sejumlah inisiator lainnya, mereka sepakat untuk memulai pada Jumat (23/3) malam mulai pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB, bertempat di Kapuas Riverside Restaurant, Hotel Kartika Pontianak. Restoran tersebut berada tepat di tepian Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.
    Kemudian, tak jauh dari restoran, dapat dilihat aktivitas kapal berukuran besar yang singgah di dermaga Pelabuhan Pontianak. Atau menyaksikan keindahan kota dari sisi sebuah sungai. "Ini kelebihan dan keunikan yang dimiliki Kota Pontianak," ujar Yuza.
    Terkait dengan kegiatan yang bertajuk "Jazz Night at the Riverbank" itu, sejumlah musisi senior di Kota Pontianak menyatakan bakal hadir. Selain tentunya home band Hotel Kartika yang pada Jumat malam khusus menyajikan musik jazz.
    "Kami ingin berdiskusi, berdialog, seperti apa keinginan para penggemar jazz di Pontianak. Selain tentu saja, mengajak mereka bermain bersama dalam satu panggung," kata Yuza.
    K - Jazz, lanjut dia, punya mimpi untuk membikin even besar jazz di Kota Pontianak. Skalanya bisa nasional atau bahkan internasional.
    "Di negeri jiran, Malaysia, mereka menggarap musik jazz sebagai salah satu daya tarik wisatawan asing. Pontianak khususnya tidak boleh kalah," katanya menegaskan.
    Pontianak, kata dia, punya Tugu Khatulistiwa, karena terletak garis lintang nol derajat sehingga berada tepat di tengah bumi. "Hanya sedikit kota dan negara di dunia yang mendapat keistimewaan ini. Belum lagi budayanya, kuliner, keindahan kota dan alam, menjadi sedikit dari sekian banyak potensi dan alasan kenapa harus berkunjung ke Pontianak dan Kalbar," kata Yuza.

Baca juga: Wartajazz: Membangun Industri Jazz Berawal Dari Komunitas
Baca juga: Antara Kalbar-Fojekha Diskusi Pengembangan Industri Jazz
Baca juga: Idang : Kenalkan Jazz Dari Kampung Ke Kampung

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018