Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pj Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji mengharapkan setiap partai politik mampu meningkatkan kualitas kaderisasi bagi kadernya agar tercipta insan politik yang berkualitas.

"Kader politik yang berkualitas dan berintegritas merupakan modal dasar yang sangat bernilai bagi kelanggengan berdiri dan berkembangnya suatu partai politik sebagai suatu lembaga," kata Dody saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Lembaga Ketahanan Nasional RI dengan Tema Aktualisasi Kepemimpinan Negarawan di Lingkungan Parpol Guna Terwujudnya Etika Politik Dalam Rangka Ketahanan Nasional, di Pontianak, Rabu.

Menurutnya, upaya rekrutmen, filterisasi, pembinaan dan pengembangan terhadap personal yang dianggap mampu mengemban visi dan misi partai politik sejatinya harus mendapatkan porsi perhatian yang serius.

Hal ini erat kaitannya dengan salah satu tujuan akhir pendirian pertai politik yakni mewujudkan partai politik yang berkualitas dan mampu menjadi wadah aspirasi yang efektif bagi para pendukungnya.

Ia melanjutkan, kondisi itu tentunya akan bermuara pada terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

"Di sisi yang lain, etika politik merupakan nilai tersendiri yang diharapkan dapat memberikan warna dominan terhadap penciptaan iklim politik yang bermartabat," tuturnya.

Hal ini sesuai dengan nilai dan norma perikebangsaan yang sudah disepakati bersama dalam kerangka ldeologi Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

"Dengan demikian, secara nyata kita dapat menarik benang merah antara ketiganya yakni adanya keterkaitan yang erat antara kepemimpinan negarawan dalam partai politik dengan peningkatan kualitas kader politik guna menciptakan etika politik yang bermartabat dalam rangka ketahanan nasional bangsa," ujarnya.

Pada kesempatan itu dia juga memaparkan, pemimpin negarawan bagi partai politik amatlah penting dalam mendukung upaya yang terus menerus dan berkesinambungan guna membangun sistem politik di Indonesia yang bermartabat.

"Isu kepemimpinan negarawan merupakan salah satu isu kontemporer yang selalu menarik untuk didiskusikan dalam konteks dinamika politik kenegaraan. Hal ini dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," katanya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018