Putussibau (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 112 desa di wilayah Kapuas Hulu, Kalbar akan melaksanakan Pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada 4 April 2018.

"Panitia Pilkades di masing-masing desa sudah siap, jadi Pilkades dilaksanakan pada Rabu (4/4) mendatang," kata Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Alifiansyah ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.

Alifiansyah menjelaskan, calon kades rata - rata lima orang di masing - masing desa, namun ada juga yang hanya tiga calon kades.

Menurut dia, dari proses pelaksanaan Pilkades tersebut berlangsung 4 April, kemudian pada 7 - 8 April 2018, akan diumumkan kades terpilih.

"Kita berharap semua pihak ikut mensukseskan pelaksanaan pilkades dengan menciptakan situasi nyaman, aman sehingga terpilih kepala desa yang berkualitas," kata Alifiansyah.

Dirinya mengingatkan agar Pilkades tidak dikait - kaitkan dengan pelaksanaan Pilkada.

Pilkades, kata Alifiansyah merupakan kedaulatan masyarakat desa untuk memilih seorang pemimpinnya menuju desa yang maju, berkembang dan mandiri.

Namun, menurut Alifiansyah, pelaksanaan Pilkades di Kapuas Hulu tidak perlu terlalu di khawatirkan, karena masyarakat di masing - masing desa lebih mengutamakan rasa kekeluargaan, kebersamaan dan kekerabatan.

Ia berharap pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar serta berkualitas.

"Selama ini kami sudah banyak memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkades, saya yakin semua akan berlangsung aman dan tertib, jangan khawatir," kata Alifiansyah.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018