Pontianak, 3/4 (Antara) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kubu Raya melakukan perekaman KTP elektronik dengan sistem jemput bola di seluruh SMA yang ada di wilayah itu.

"Sampai saat ini kita masih melakukan jemput bola untuk perekaman ta KTP elektronik bagi siswa SMA/SMK yang ada di seluruh Kubu Raya. Hal ini kita lakukan agar masyarakat bisa menggunakan hak pilih dalam Pilkada Kubu Raya pada 27 Juni mendatang," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya Adriansyah di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, perekaman data bagi siswa SMA/SMK itu menjadi hal yang penting untuk pemilih pemula yang akan memasuki usia 17 tahun pada Juni mendatang.

"Berdasarkan data yang kita peroleh, jumlahnya mencapai 16 ribuan orang. Mereka ini yang nantinya akan menjadi pemilih pemula, sehingga mereka tetap akan terakomodir dalam Pilkada Serentak 2018 nanti," tuturnya.

Selain melakukan perekaman data kependudukan di setiap sekolah, Disdukcapil Kubu Raya juga membuka pelayanan perekaman e-KTP pada Sabtu dan Minggu hingga sebelum pelaksanaan Pilkada Serentak pada 27 Juni mendatang.

Tak hanya itu, Disdukcapil telah melakukan persiapan yang maksimal untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

"Pelayanan Sabtu dan Minggu ini sudah kita laksanakan sejak bulan Januari 2018," katanya.

Berdasarkan data saat ini untuk hak pilih di Kabupaten Kubu Raya secara keseluruhan sekitar 427.356 orang. Sedangkan yang sudah melakukan perekaman hingga update data terakhir berjumlah 393.839 orang.

"Jadi, sekitar 92 sampai 93 persen sudah tercapai. Sehingga kita optimistis untuk mencapainya penuh 100 persen sampai pelaksanaan pilkada nanti di bulan Juni mendatang," katanya.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018