Putussibau (Antaranews Kalbar) - Ketua Komisi B DPRD Kapuas Hulu, Budiarjo mengatakan investor perkebunan kelapa sawit yang berada di daerah perbatasan mesti memiliki tanggungjawab moral untuk turut serta meminimalisir penyelundupan di perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Kita berharap petugas perbatasan meningkatkan pengawasan baik itu pihak kepolisian, TNI dan instansi lainnya, termasuk investor yang ada di perbatasan," kata Budiarjo ketika dihubungi Antara, Kamis.

Ditegaskan Budiarjo, apabila pelaku penyelundupan tertangkap maka, mesti diberikan sanksi tegas, sehingga ada efek jerak.

Menurut Budiarjo, penyelundupan barang ilegal di perbatasan tidak hanya narkoba, namun ada juga indikasi penyelundupan ikan Arwana ke luar negeri melalui jalur - jalur perbatasan.

" Investor juga harus proaktif apabila ditemui hal - hal mencurigakan segera laporkan dan informasikan kepada aparat, karena perbatasan memang sangat rawan, sehingga pengawasan perlu perketat,"pinta Budiarjo.

Tidak hanya itu, selaku wakil rakyat dia juga meminta masyarakat bersama - sama membantu petugas perbatasan dalam melakukan pengawasan sejumlah titik jalan yang rawan tempat penyelundupan.



 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018