Medan (Antaranews Kalbar) - Kementerian Kesehatan meminta rumah sakit untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga kesehatan yang dimilikinya, sehingga layanan kepada pasien dapat lebih baik.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo di Medan, Selasa, mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan yang berkualitas, baik dokter maupun perawat sangat penting karena profesi yang dijalaninya sangat berkaitan dengan keselamatan pasien.

Artinya dengan adanya tenaga dokter dan perawat yang berkualitas, juga menjadi salah satu jaminan meningkatnya pelayanan kepada pasien yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat akan kualitas tenaga kesehatan dalam negeri.

Menurut dia, lengkapnya fasilitas, saran dan prasarana kesehatan yang dimiliki sebuah rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta tidak akan bermanfaat banyak jika SDM yang dimiliki tidak berkompeten.

"Yang membedakan kita dengan luar negeri hanyalah SDM. Kalau peralatan sebenarnya tidak kalah. Jadi kalau kalau fasilitas yang lengkap dan canggih ditopang dengan SDM yang baik, maka pelayanan akan semakin baik juga," katanya saat peresmian Unit Transfunsi Darah (UTD) RSUD dr Pirngadi Medan.

Dengan semakin baiknya pelayanan, tentunya kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi dan pada akhirnya intensitas masyarakat yang berobat keluar negeri akan semakin kecil. Karena rumah sakit dalam negeri juga tidak kalah sama baiknya dengan yang luar.

Selain itu ia juga menyampaikan harapan agar manajemen rumah sakit juga memperhatikan kesejahteraan tenaga dokter dan perawat serta pegawai lainnya, karena jika kesejahteraanya sudah terjamin, maka akan berdampak juga pada peningkatan pelayanan kepada pasien.

"Kalau kesejahteraannya sudah terjamin, seorang dokter akan lebih fokus pada pasiennya. Dia juga tidak akan mencari sampingan bekerja di rumah sakit lainnya. Jadi dia dari pagi sampai sore hanya di satu rumah sakit saja," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018