Sukadana (Antaranews Kalbar) - Dana kucuran dari pemerintah pusat telah berdampak positif terhadap peningkatan pembangunan infrastruktur di Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.
    Pada tahun 2017, Desa Sutera mendapatkan dana desa sebesar Rp800 juta lebih.
    Kepala Desa Sutera Ripa’i di Sukadana, Rabu menjelaskan, dampak positif tersebut terlihat dari  pembangunan sarana prasarana di bidang pembangunan jalan pemukiman, pembangunan jembatan di desa, pembangunan saluran irigasi desa.
    Kemudian, pembangunan sarana/prasarana air bersih skala desa dan sarana prasarana kesehatan seperti  pembangunan posyandu.
    "Pada anggaran 2017 kita telah membangun 2 posyandu, yaitu Posyandu  Batu Hitam dan Posyandu Cempaka Putih, tahun 2018 ini kita bangun 1 posyandu yang terletak di Dusun Selimau," kata Ripa'i.
    Selain itu juga, menurut kepala desa yang dilantik pada tahun 2016 ini, dengan besarnya anggaran di desa juga meningkatkan kesejahteraan warga desanya yang terletak di pusat ibu kota Kabupaten Kayong Utara tersebut.
    "Warga di masing-masing RT mendapatkan penghasilan tambahan, karena mereka sendiri yang mengerjakan pembangunan di daerahnya masing-masing," kata dia.
    Untuk itu harapannya, masyarakat bisa bersama-sama mengawasi  dan merasakan manfaat dana yang  cukup besar sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
    "Jangan sampai adanya dana besar ini malah berdampak negatif seperti konflik antarwarga terkait pembagian pembangunan, kita harus duduk bersama untuk menyelesaikan perselisihan antar kita," imbaunya.
Baca juga: Antara latih jurnalistik aparatur Desa Sutera

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018