Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali menginginkan dan mengharapkan kemajuan pembangunan dan program pemerintah sampai dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat hingga tingkat desa.

Untuk itu, Rusman Ali terus mengunjungi daerah-daerah di Kubu Raya, guna memastikan program-program pemerintah telah memberi manfaat langsung bagi peningkatan kesejahteraan masyrakat.

Hal itu disampaikan Rusman Ali saat berkunjung dan bersilaturahmi dengan masyarakat Kubu Raya, belum lama ini.

"Kita harus pastikan bahwa kegiatan pembangunan membawa dampak yang positif bagi perkembangan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Kita juga harus pastikan program-program pemerintah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Rusman Ali turun langsung dan hadir ditengah-tengah masyarakat, untuk menyerap aspirasi dan kebutuhan pembangunan bagi masyarakat sekaligus untuk mendapatkan informasi atas program yang telah berjalan.

Menurutnya, dengan ada langsung bermasa masyarakat akan lebih mudah melakukan monitoring dan evaluasi kebijakan serta program.

"Kita tentu tidak mau program-program yang tidak tepat sasaran dan tidak tepat guna. Kita inginkan program yang kita buat benar-benar memberi manfaat. Dan hasil dari kita turun kelapangan adalah sebagai bahan evaluasi kita nantinya," kata Rusman Ali.

Dia menambahkan, pihaknya akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kubu Raya bisa terus dilakukan hingga jalan desa.

"Untuk jalan ini kita memang sangat memperhatikan betul. Makanya kita sering mengumpulkan para kades dan RT untuk berdialog, termasuk sharing atas kondisi infrastruktur di wilayah masing-masing, kita menyadari betul bahwa infrastruktur kita masih sangat membutuhkan pembenahan terus menerus," kata Rusman Ali.

Ia menuturkan, mulai tahun 2017 pihaknya telah melakukan program sistem imbal swadaya terhadap khusus untuk jalan lingkungan sebagai solusi untuk perbaikan jalan lingkungan. Ini kita lakukan sebab konsekuensi dari undang-undang Desa membuat halaman lingkungan menjadi bagian dari tanggung jawab desa.

Namun dirinya menyadari bahwa tidak mungkin dana desa mampu menyelesaikannya karena masih banyak juga program yang menjadi tanggung jawab dana desa.

"Sebagai solusinya kita lakukan terobosan lewat imbal swadaya. Kita selalu mengupayakan, tapi tentunya kita sesuaikan dengan anggaran yang ada," tuturnya.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018