Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melepas peserta Pawai Ta`aruf di kota Singkawang dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H/2018, Selasa.

Adapun rute yang dilalui, para peserta pawai berkumpul di Masjid Raya Singkawang kemudian berjalan menuju Jl Budi Utomo, Jl Setia Budi, Jl Niaga, Jl Sejahtera, Jl Diponegoro, Jl Yos Sudarso dan finis di Masjid Raya Singkawang.

"Semoga bulan yang suci ini betul-betul kita manfaatkan untuk selalu meningkatkan toleransi serta ketaqwaan kita kepada Tuhan YME," kata Tjhai Chui Mie.

Menurut dia, bulan suci Ramadhan dapat memuliakan semua umat dan memberikan pahala yang melimpah ruah.

"Maka dari itu, sudah selayaknya kita bersyukur dengan menjadikan hari ini untuk lebih baik dari yang kemarin," pintanya.

Di bulan suci Ramadhan tahun ini, ia mengajak semua umat yang ada di Kota Singkawang untuk saling menghormati dan menghargai.

"Kepada umat yang non-muslim diimbau untuk tidak makan dan minum secara terang-terangan di hadapan umat yang sedang menjalankan ibadah puasa," pesannya.

Kemudian, kepada warga yang membuka dagangan makanan dan minuman pada siang hari, diimbau untuk selalu menghormati umat yang sedang melaksanakan ibadah puasa dengan memasang kain/tirai penutup selama bulan suci Ramadhan.

"Saya berharap, bulan suci Ramadhan tahun ini bisa menjadi Ramadhan yang berkah bagi kita semua serta dapat mempererat persatuan dan kesatuan kita," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang, H Ruslan Karim mengatakan, kegiatan pawai Ta`aruf merupakan agenda tetap PHBI setiap menyambut bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini juga, katanya, merupakan bagian dari event Singkawang Fair yang digagas Pemkot Singkawang sekaligus untuk membuktikan bahwa Islam itu indah dan cinta damai.

"Kegiatan ini melibatkan seluruh sekolah mulai dari SD, SMP, SMA serta majelis taklim dan pengurus masjid se-Kota Singkawang," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora/Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018