Putussibau (Antaranews Kalbar) - Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) Kapuas Hulu bersama Arwana Band meluncurkan lagu berjudul "Salam Dari Batas Ujung Negeri" yang dijadikan media promosi keindahan TaNa Bentarum di wilayah Kapuas Hulu.

"Setiap lirik lagu memiliki pesan ajakan untuk mencintai tanah air dan menjaga kelestarian lingkungan," kata Kepala Balai Besar TaNa Bentarum Kapuas Hulu, Arief Mahmud di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu sore.

Menurut Arief, melalui lagu tersebut dapat mempromosikan pesona keindahan TaNa Bentarum yang merupakan jantung borneo yang harus ditanamkan serta ditularkan ke masyarakat luas khususnya generasi muda.

Semangat cinta tanah air juga, kata Arief sangat kita rasakan meskipun berada di ujung negeri.

"Kita perlu viralkan lagu itu, salah satunya melalui media sosial, dan sebelumnya saya juga selalu sampaikan salam dari batas negeri dalam setiap pertemuan di pusat, "tegas Arief.

Sementara itu, pencipta lagu " Salam Dari Batas Ujung Negeri " perwakilan dari Arwana Band, Yudie Chaniago mengatakan dirinya terinspirasi dengan moto yang selalu digaungkan oleh Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, sehingga lirik demi lirik terciptalah lagu tersebut.

Dirinya merasa bangga sebagai seniman dapat merasakan dan melihat betapa agungnya anugerah sang pencipta semesta, meski pun kita berada di ujung negeri, namun itu suatu kebanggan.

"Salam Dari Batas Ujung Negeri itu sangat sakral kurasakan, saya berjanji akan selalu menyampaikan salam tersebut lewat lagu dan ucapan sebab itu adalah anugerah," kata Yudie.

Disampaikan Yudie, sebagai anak yang berasal dari kampung kita harus bangga memiliki jantung borneo, dimana dunia juga mengakui pesona alam kita.

Bagi dirinya, kata Yudie apa yang dititipkan oleh Allah itu harus dijaga dan lestarikan dengan kearifan lokal serta terus menanamkan cinta tanah air.

"Saya sangat bangga menyampaikan Salam Dari Batas Ujung Negeri itu, akan kami buat versi bahasa Inggris sehingga jantung borneo itu akan lebih dikenal baik tingkat nasional mau pun internasional," ucap Yudie.

Dalam kesempatan tersebut, Balai Besar TaNa Bentarum Kapuas Hulu juga secara resmi mengukuhkan Arwana Band sebagai Duta Konservasi TaNa Bentarum.



 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018