Putussibau (Antaranews Kalbar) - Sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dapat menjadi tujuan rekreasi bagi warga yang merayakan libur panjang Idul Fitri mendatang.

"Biasanya di sejumlah lokasi wisata ada hiburan rakyat yang diselenggarakan oleh warga setempat," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Antonius ketika ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu.

Ia menjelaskan sejumlah lokasi wisata yang sering dikunjungi diantaranya wisata Danau Sentarum, Wisata Medang Pulang, Beluan Komplek, Berunyau, Gurun Makai dan wisata air terjun.

Baca juga: TNBKDS gandeng Arwana luncurkan lagu dari perbatasan

Dikatakan Antonius, sejumlah lokasi wisata tersebut dari tahun ke tahun mengalami peningkatan pengunjung.

"Rata-rata saat Hari Raya Idul Fitri empat ribu hingga lima ribu pengunjung," jelas Antonius.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu, Zainal menjelaskan pihaknya sudah melakukan rapat persiapan yang rencananya akan diturunkan sebanyak 13 personil untuk pelayanan dan pengamanan di sekitar kawasan wisata Bukit Tekenang Danau Sentarum.

Baca juga: Hari Bakti Rimbawan ke - 35 Kapuas Hulu

Menurut dia, total pengunjung selama libur Idul Fitri 24 - 27 Juni 2017 sebanyak 1.080 orang baik itu pengunjung nusantara terdiri dari 649 dan 431 pengunjung rombongan pelajar atau mahasiswa.

"Sepertinya tahun ini kembali mengalami peningkatan jumlah pengunjung bahkan kami sudah melakukan persiapan termasuk untuk asuransi pengunjung," tutur Zainal.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018