Sintang (Antaranews Kalbar) -  Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi bersama Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono melihat langsung kesiapan pelaksanaan Pilgub, saat melakukan kunjungan kerjanya di Sintang, Senin (18/6). 
    Dalam kunjungan itu, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi menyampaikan tugas pokok TNI melaksanakan perbantuan dalam pengamanan Pilgub.
    "Perbantuan sudah kita berikan. Jadi Kapolres tidak usah ragu lagi untuk memerintahkan TNI yang sudah BKO ke Polres. Lakukan persiapan terbaik, lakukan latihan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi," perintahnya.
    Ditegaskan Pangdam, hanya ada satu sikap pada pesta demokrasi,   yaitu netralitas. Dia meminta, lakukan inventarisir kerawanan-kerawanan pada saat masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga perlu diwaspadai potensi-potensi yang   akan muncul.
    "Kami bertekad pelaksanaan pilkada di Kalbar berjalan dengan aman dan kondusif. Walaupun Kalbar termasuk zona merah pada Pilkada serentak," ujar dia.
    Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono mengatakan, kunjungannya ke Sintang ingin melihat langsung kesiapan yang telah dilakukan menjelang Pilkada Kalbar.
    "Berdasarkan survei, Kalbar peringkat ke 2 untuk tingkat kerawanan dalam Pilkada, namun berdasarkan pengalaman,  Alhamdulilah dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya.
    Ada tiga komponen besar dalam pelaksanaan pilkada yaitu   masyarakat, penyelenggara dan   petugas pengamanan.
    "Secara umum kita sudah siap mengawal Pilkada. Harapan kita kegiatan   ini dapat berjalan dengan aman lancar dan tertib," harapnya.
    Dalam lawatannya ke KPU Sintang, Kapolda Kalbar berpesan, agar jangan ada celah untuk terjadinya kecurangan dalam pemilihan Gubernur.
    "Telah kita lihat KPUD, Panwas, Kodim dan Polres Sintang, sampai Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. Semua sudah siap mengamankan dan mensukseskan Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat di satuan wilayah masing-masing," ujar Kapolda.
    Irjen Pol Didi Haryono mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir, sebab Pilkada di Kalimantan Barat maupun di kabupaten ini, bukan yang pertama. Tapi ini sudah untuk yang kesekian kalinya. Baik itu, pilgub maupun pilbup semua berjalan lancar dan aman.

 

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018