Putussibau (Antaranews Kalbar) - Jajaran TNI - Polri di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat siaga satu untuk pengalaman rekapitulasi surat suara (pleno) hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kapuas Hulu di Gedung DPRD Kapuas Hulu.

"Fokus pengamanan sekarang menuju pleno tingkat kabupaten, semua kotak suara sudah berada di kabupaten sehingga kami tetap siaga satu," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi kepada Antara usai apel persiapan pengamanan Pleno tingkat kabupaten di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu.

Dijelaskan Imam, personel yang diturunkan dalam pengamanan pleno merupakan tim gabungan TNI - Polri, ?Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan.

Menurut dia, dari kepolisian sebanyak 90 personel, TNI sebanyak 30 personel, Sat Pol PP sebanyak 20 personel dan Dinas Perhubungan sebanyak 10 personel.

Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto mengatakan penebalan kekuatan pengamanan memang saat ini di KPU dan untuk pelaksanaan pleno.

 Dikatakan Ibnu, mulai dari tahapan Pilkada Kalimantan Barat hingga pemungutan suara bahkan sampai pelaksanaan pleno sudah dipetakan kerawanan-kerawanan.

"Jika ada yang coba-coba buat rusuh saat pleno tentu akan ditindak tegas," tegas Ibnu.

 Sementara itu, Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani menjelaskan pihaknya siap menyelenggarakan pleno tingkat kabupaten.

 Semua kotak suara sudah berada di KPU Kapuas Hulu, tinggal proses pleno yang akan dilaksanakan di Gedung DPRD Kapuas Hulu, pada Kamis (5/7). "Persiapan pleno sudah kami siapkan termasuk koordinasi dengan aparat penegak hukum,"ucap Yani.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018