Pontiana (Antaranews Kalbar) - Tim gabungan yang terdiri dari SAR dan instansi terkait lainnya, mengevakuasi 668 penumpang KMP Dharma Fery II yang kandas di Muara Sungai Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalbar, sejak Jumat (6/7) sekitar pukul 19.00 WIB.
      "Alhamdulillah, proses evakuasi berhasil kami lakukan bersama instansi terkait lainnya," kata Kepala SAR Pontianak, Hery Marantika, di Pontianak, Sabtu.
        Ia menjelaskan, KMP Dharma Fery II berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Sukabangun Kabupaten Ketapang, karena kondisi air Sungai Pawan sedang surut sehingga KMP tersebut kandas.
       "Keseluruhan penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan RIB Pos SAR Ketapang, kapal cepat milik KSOP dan lainnya," katanya.
        Begitu mendapat informasi, pihaknya bersama instansi terkait langsung melakukan pemindahan penumpang dengan alat transportasi yang lebih kecil dan lebih aman.
      Hal itu, dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikarenakan kondisi alam atau lainnya. 
        Ia menambahkan, proses evakuasi tersebut melibatkan 30 orang tim SAR gabungan yang dimulai pukul 05.00 WIB pagi hingga pukul 14.00 WIB.
         Adapun dari sebanyak 668 penumpang tersebut, terdiri dari penumpang dewasa sebanyak 615 orang, anak-anak sebanyak 45 orang, dan balita sebanyak delapan orang.
    "Selama proses evakuasi bersama instansi terkait pelabuhan melaksanakan pengamanan dan pengawasan para penumpang agar tidak panik saat dilakukan evakuasi secara bertahap  menggunakan Ponton GT. 265 yang di tarik oleh tug boat, " ungkap Danposal ketapang, Letda Laut ( P) Asep.
    Dalam pelaksanaan proses evakuasi aparat TNI AL Ketapang dan instansi terkait menggunakan peralatan 1 ponton Gt. 265, 2 Speed KSOP, 3 perahu karet Pos TNI AL, 4 Speed Basarnas.
    Jumlah penumpang sesuai dengan manifest kapal berjumlah 668 orang yakni Dewasa 615 orang, anak-anak 45 orang, Bayi/balita 8 anak. Selanjutnya kendaraan yang berada di kapal terdiri dari, Truk besar 3 unit, Truk sedang 11 unit, sepeda motor 28 unit, mobil pribadi 13 unit.
    "Selama proses evakuasi para penumpang kapal Dharma Ferry 2, yang dilakukan aparat, dengan menggunakan kapal Ponton GT. 265 no. 671/1991 yang di tarik tugboat hingga para penumpang terevakuasi semua ke darat dalam keadaan selamat," pungkas Danposal Ketapang Letda Laut (P) Asep Supiana.
    Selanjutnya untuk barang/kendaraan yang berada di dalam kapal menyusul bersama kapal, menunggu waktu pasang di lokasi kandas pada pkl. 18.30 wib malam ini, rencana kapal akan sandar di dermaga pelabuhan Sukabangun Kabupaten Ketapang dengan pengawalan petugas SAR Gabungan unsur maritim Kabupaten ketapang.
   Ada penumpng yang dievakuasi di bawa ke rumah sakit terdekat 2 orang (wanita) dengan kondisi hamil keguguran 1 orang dan 1anak muntah muntah di rujuk ke RSU Agoes Djam Ketapang.

Pewarta: Andilala dan Slamet

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018