Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 187 siswa SMKN 6 Pontianak tahun ajaran 2018/2019 mengikuti program rutin Praktik Industri di sejumlah instansi maupun perusahaan di berbagai daerah di Indonesia mulai 23 Juli – 22 September.

"PI (praktik industri) merupakan wahana atau kegiatan penajaman ilmu praktik yang di dapatkan di sekolah dan diimpelementasikan di dunia praktik industri,” kata Ketua Praktik Industri SMKN 6 Pontianak Drs Eko Joko M di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, bahwa praktik industri adalah implementasi dari pembelajaran praktik yang dilakukan di sekolah dan divisualisasikan atau diimplementasikan ke dunia usaha atau dunia industri yang relavan.

"PI (Praktik Industri) itu perwujudan dari dulu adanya program dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pembelajaran di sekolah disesuaikan dengan apa yang dikerjakan di dunia usaha,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, PI merupakan pembelajaran bagi siswa yang sedang melaksanakan praktik industri agar tahu apa yang dikerjakan di dalam dunia usaha.
    
“Barang kali ada pembelajaran PI bagi siswa yang sedang praktik akan lebih mempunyai wawasan atau ilmu pengetahuan yang digelutinya nanti setelah lulus dari sekolah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terdapat 54 perusahaan atau industri yang menjadi lokasi praktik industri. Terbagi menjadi lima jurusan yakni Multimedia terdapat 18 perusahaan, Kria Tekstil 11 perusahaan, Kria Kayu delapan perusahaan, Kria Logam 10 perusahaan, dan Kria Kramik tujuh perusahaan. Lokasi perusahaan ada di Kota Pontianak, Singkawang, Bengkayang hingga Yogyakarta.

Walid Achmad, salah seorang siswa SMKN 6 Pontianak yang sedang melaksanakan PI di Swadesi Printing mengatakan, bahwa setelah melaksanakan PI akan membagi pengalamannya ke teman-teman sekolahnya.

Masniah, rekan Walid Achmad, melaksanakan PI di Balai Riset dan Standarisasi Industri Pontianak. Dia ingin mencari pengalaman tentang dunia usaha dan perkantoran.

Ia menjelaskan, bahwa setelah selesai magang akan membagikan cerita tentang pengalamannya kepada teman-teman sekolahnya nanti.

 

Pewarta: Tim Magang

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018