Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua LSM Fatwa Langit Kota Singkawang, M Abdurrahman mendesak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat untuk segera merombak pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkot setempat.

"Saya mengungkapkan hal ini karena saya tahu bahwa Wali Kota dan Wakil Wali Kota punya niat yang sangat baik dan serius demi mewujudkan Singkawang Hebat," kata Rahman dihubungi di Singkawang, Senin.

Namun, niat baik itu sangat sulit terwujud apabila Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang tidak dibantu oleh pejabat OPD yang berniat sama.

"Untuk itu saya berharap jangan buang-buang waktu," ujar pria yang merupakan aktivis berprestasi di Kota Singkawang ini.

Perlu diketahui, katanya, pimpinan OPD sangat menentukan dalam pencapaian visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Jadi bukan hanya dalam masalah skill dan bidang keilmuan, pejabat OPD juga harus mempunyai integritas sehingga bisa dipercaya oleh mereka yang berada dalam unit kerja maupun masyarakat.

"Pejabat yang dipercaya publik sangat berpengaruh terhadap kinerja karena berhubungan dengan stabilitas. Sehingga setiap program yang dibuatnya bisa diterima dan berjalan dengan baik," tuturnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Singkawang, Sujianto juga menyatakan sangat mendukung dan siap memberikan saran serta masukan terhadap rencana Wali Kota Singkawang untuk melakukan perombakan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemkot setempat.

"DPRD tetap mendukung pergantian pejabat OPD karena kami menilai sudah tugas Wali Kota. Cuma saya minta agar selektif betul terhadap pergantian tersebut," kata Sujianto.

Dia mengatakan, pergantian baik promosi maupun mutasi dalam pemerintahan itu sah saja sebagaimana aturan yang berlaku.

"Jika ada perubahan pimpinan OPD itu sah-sah saja karena yang `pakai` OPD adalah Wali Kota harus tetap proposianal," ujarnya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018