Pontianak (Antaranews Kalbar) - Vice President Bank Mandiri Pontianak Ahadi Subri mengatakan saat ini pihaknya tengah gencar dan menyasar perdagangan ritel di Kalbar dalam rangka memperkuat digital banking.

 "Bank Mandiri terus mengembangkan layanan digital untuk mendukung transaksi perdagangan ritel di wilayah Kalbar. Terlihat dengan perluasan penggunaan channel e-banking di berbagai wilayah di Kalbar saat ini," ujarnya di Pontianak, Kamis.

 Ahadi Subri menjelaskan langkah Bank Mandiri mengembangkan layanan digital? tersebut juga untuk memenuhi dan memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan, seiring dengan tumbuhnya sektor perdagangan di?Kalbar.

"Salah satu layanan yang dikembangkan Bank Mandiri juga adalah dengan memperluas penggunaan e-money untuk memperlancar transaksi perdagangan ritel," papar dia.

Ia menambahkan pihaknya akan terus mengembangkan layanan e-money agar masyarakat dapat lebih udah lagi dalam melakukan transaksi keuangan ritel, seperti pembelian bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pembelian kebutuhan sehari ? hari di groceries dan di restauran.

 Layanan digital Bank Mandiri terus dikembangkan dan hingga Juni 2018, electronik data capture (EDC) di wilayah Kalbar mencapai lebih dari 3 ribu EDC, yang tersebar di berbagai gerai perdagangan ritel.

Selain digunakan untuk bertransaksi menggunakan kartu debit maupun kredit, sebagian EDC Bank Mandiri tersebut juga dapat melayani transaksi menggunakan uang elektronik atau e-money.

 Untuk kartu e-money sendiri, sejak Januari hingga Juni 2018, transaksi menggunakan kartu e-money mencapai 162.664 transaksi dengan nilai lebih dari Rp25 miliar. Sebagian besar transaksi e-money tersebut adalah di stasiun Pengsian Bahan Bakar umum (SPBU), toko-toko ritel dan restauran.

Penggunaan aplikasi Mandiri Online juga tumbuh signifikan. Hingga Juni 2018, hampir 15 rbu nasabah telah menggunakan layanan Mandiri Online. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 4.500 pengguna.

"Dengan Mandiri Online, masyarakat dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi keuangan, termasuk mengisi ulang e-money, hanya dengan mengunakan telepon pintar. Kami meyakini, ke depan akan semakin banyak masyarakat yang mengunakan layanan ini karena transaksi keuangan dapat lebih mudah dilakukan, ujar Ahadi.Budi Suyanto
 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018