Putussibau (Antaranews Kalbar) - Pemuda yang tergabung dalam Tim Merah Putih Kapuas Hulu membentangkan bendera merah putih raksasa berukuran 40 x 9 meter di jembatan sungai Kapuas di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat.

 Pemasangan bendera raksasa yang pertama kali di itu dilakukan oleh sembilan orang penerjun Tim Merah Putih Kapuas Hulu pada saat detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, ke-73.

"Penebaran bendera merah putih itu dilakukan oleh seluruh elemen organisasi kepemudaan di Kapuas Hulu," kata Koordinator lapangan Tim Merah Putih Kapuas Hulu, Aliyanto kepada Antara, Jumat.

 Dijelaskan Aliyanto, usai penebaran bendera raksasa itu kemudian tim bergerak menyerahkan bendera merah putih melalui air kepada inspektur upacara.

 "Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan saudara Kadri selaku anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dan Tokoh Perbatasan bapak Agus Mulyana dan seluruh masyarakat Kapuas Hulu, pemuda dan pemerintah serta jajaran kepolisian khususnya Polisi Air dan semua pihak dalam mengukir sejarah ini," ucap Aliyanto.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Kadri usai menjadi inspektur upacara mengaku bangga sebagai putra daerah Kapuas Hulu yang berada sebagai kabupaten perbatasan dapat bersama pemuda dan masyarakat memeriahkan Hut Kemerdekaan RI ke-73 dengan menebarkan bendera raksasa.

"Meskipun sebagai kabupaten perbatasan, Kapuas Hulu mengukir sejarah dengan menebar bendera raksasa yang pertama kali di Kalimantan Barat," kata Kadri.

Dirinya mengajak generasi muda dan seluruh masyarakat khususnya di kabupaten perbatasan selalu menumbuhkan semangat cinta tanah air.

"Mari kita isi kemerdekaan itu dengan kerja, kerja dan kerja untuk prestasi bangsa, merdeka," tegas Kadri.

 Kabupaten Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang berada di bagian Timur Provinsi Kalimantan Barat dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia. 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018