Kubu Raya (Antaranews Kalbar) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dari Jawa Tengah (Jateng) yang berada di Kalimantan Barat, kembali ke daerah asalnya. 
Mereka mengikuti salah satu rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeriitu sejak 10 hingga 20 Agustus.
"Kita bersyukur dari kedatangan hingga pagi hari kepulangan kami ke Jateng, semua berjalan lancar," ujar Pedamping SMN dari Jateng, Arif Ediyanto di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kubu Raya, Senin.

Ia menyebutkan banyak hal yang didapat dirinya dan para peserta SMN di Kalbar.

Menurutnya siswa mendapatkan informasi, wawasan serta berintraksi langsung dengan yang ada di Kalbar.

"Adanya program BUMN Hadir membuat siswa dari Jateng mengerti kebudayan adat istiadat, potensi keunggulan daerah dan lainnya," ujar dia.

Lanjutnya, terpenting lagi dan sangat berkesan juga bahwa peserta dapat tahu dan paham serta menjadi contoh tentang tolerasi dari keberagaman di Kalbar.

"Adat dan budaya, suku dan agama serta lainnya di Kalbar sangat beragam. Namun beragam di sini sangat baik. Itu tentu beda dengan apa yang kita lihat di media sosial dan lainnya. Kita bangga dengan Kalbar mengajarkan kita beragam namun satu jua," jelas dia.

Sementara itu satu di antara peserta SMN dari SMKN 2 Adiwerna, Tegal, Jateng, Fanisa Rahmi mengaku sangat senang dan bangga bisa datang di Kalbar.

"Kami banyak belajar banyak hal di sini. Banyak ilmu dan wawasan kami dapat termasuk soal bahwa Kalbar tidak seperti yang saya perkirakan sebelumnya yakni Kalbar daerahnya hutan, gelap dan lainnya. Saya rasanya pengen lebih ?lama lagi di sini," tambahnya.

Ia mengucapakan terima kasih atas BUMN Hadir karena telah membawa ia dan rekan-rekannya untuk tahu banyak hal termasuk soal adat, dan budaya serta keberagaman di Kalbar.

"Harapan ke depan program ini terus dilanjutkan untuk siswa lainnya. Program ini sangat bermanfaat bagi wawasan, kebersamaan dan persatuan anak bangsa sebagai generasi penerus," kata dia.

PIC Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Kalbar adalah PT Waskita Karya dengan Co PIC PT Sucofindo.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018