Pontianak, 21/8 (Antara) - BMKG Mempawah memperkirakan, wilayah Kalimantan Barat dalam beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas rendah.

 "Hingga saat ini kategori curah hujan masih pada kategori di bawah normal yaitu 30 persen dibandingkan dengan rata-ratanya," kata Kepala BMKG Mempawah, Wandayantolis di Mempawah, Selasa.

Ia menjelaskan, curah hujan cenderung rendah pada awal dasarian, tetapi diperkirakan akan mengalami peningkatan pada akhir dasarian meskipun tidak signifikan.?

 "Kemudian wilayah Kalbar bagian selatan diperkirakan curah hujannya lebih rendah dibanding bagian utara," ujarnya.

 Ia menambahkan, dengan masih rendahnya curah hujan, maka potensi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih harus terus diwaspadai. "Hindari aktivitas di luar ruangan, apabila beraktivitas di luar diharapkan menggunakan masker dan minum air putih yang cukup," katanya.

 Sementara itu, Nuryanto salah seorang warga Pontianak menyatakan, telah turun hujan di sekitar Jalan Johar dan sekitarnya dengan intensitas sedang yang terjadi sekitar pukul 14.50 WIB dengan durasi sekitar 20 menit.

 "Alhamdulillah, hari ini telah turun hujan, meskipun intensitasnya masih belum cukup lebat dan dengan durasi sekitar 20 menit saja," katanya.

 Dengan turunnya, hujan maka kabut asap sedikit berkurang. "Jalan juga basah sehingga udara tidak terlalu panas," kata salah seorang siswa SMKN 6 Pontianak Utara tersebut.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018