Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang, bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI akan mengadakan pameran Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) bertema "Mozaic of Singkawang".

 "Pameran ini kolaborasi IKKON Singkawang dengan masyarakat Singkawang yang akan dibuka pada 26 September 2018, dari pukul 15.00 ?21.00 WIB di Singkawang Cultural Center (SCC) di Jalan Yos Sudarso, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Singkawang, Bosni di Singkawang, Selasa.

 Pameran IKKON bertajuk Mozaic of Singkawang ini juga akan dihadiri Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

 "Triawan Munaf dan Tjhai Chui Mie akan hadir bersama untuk membuka pameran IKKON. Pameran karya kolaboratif ini merupakan acara puncak dari Program IKKON di Singkawang setelah selama kurang lebih 4 bulan Tim IKKON Singkawang bereksplorasi dan berinteraksi serta berkolaborasi dengan perajin dan segenap stakeholders di Singkawang," ujarnya.

Menurutnya, IKKON merupakan program unggulan Bekraf RI. Program IKKON dilaksanakan di lima kabupaten/kota di Indonesia yang telah melalui proses seleksi.

 "Pada 2018, Kota Singkawang terpilih menjadi wilayah yang diikutsertakan dalam program IKKON," katanya.?

 Melalui program IKKON, diharapkan dapat tercipta pengembangan karya-karya kreatif baru yang dapat memperkaya khazanah desain dan kriya di setiap daerah yang didatanginya.

 "Produk hasil kolaborasi ini diharapkan dapat memunculkan kekhasan daerah masing-masing serta memberi nilai tambah yang mampu berkontribusi pada peningkatan ekonomi bagi perajin, pelaku kreatif dan pendapatan daerah di setiap kota yang telah disentuh oleh IKKON," tuturnya.?

Sebagai gong dari kegiatan IKKON Singkawang, pada acara tersebut akan ditampilkan berbagai produk kreatif hasil kolaborasi antara Tim IKKON Singkawang dengan perajin Singkawang.

 "Kegiatan pameran akan dilangsungkan selama 4 hari, 26-29 September 2018, pukul 10.00-21.00. Selain menampilkan karya kolaborasi, acara tersebut juga menyediakan berbagai kegiatan pendukung yang bekerjasama dengan komunitas dan pelaku kreatif di Singkawang, seperti Fashion Show, Wisata Pecinan Singkawang, Workshop dan Art and Cultural Performance," jelasnya.

Pameran ini, katanya, terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin ikut melihat serta meramaikan kegiatan.

 "Harapannya dengan diadakan pameran ini, masyarakat yang melihat karya kolaborasi dari IKKON menjadi semakin termotivasi, terinspirasi dan merasa bangga akan kekayaan potensi kreatif di Singkawang," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018