Pontianak  (Antaranews Kalbar) - PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalbar akan menyediakan pangkalan khusus untuk pembelian ulang elpiji bagi nelayang yang menggunakan konverter kit di Kabupaten Mempawah dan Kota Singkawang.

"Penyedian pangkalan khusus tersebut, agar para nelayan dengan mudah mendapatkan elpiji subsidi atau elpiji tabung tiga kilogram untuk bahan bakar kapal motor mereka yang sudah menggunakan konverter kit tersebut," kata Sales Executive Elpiji PT Pertamina Pontianak, Sandy Rahadian, di Pontianak, Senin.

Sebelumnya, Kementerian ESDM bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI dan Pertamina memberikan bantuan paket konverter kit bagi nelayan kecil di Kabupaten Mempawah sebanyak 214 unit, dan 92 unit bagi nelayan di Kota Singkawang.

Bantuan paket konverter kit BBM ke elpiji terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, dua buah tabung elpiji tiga kilogram dan aksesoris pendukung lainnya.

 Sandy menjelaskan, untuk pangkalan khusus tersebut hanya bisa melayani pembelian elpiji oleh para nelayan, sehingga stok elpiji bagi nelayan tetap ada.

"Nantinya para nelayan tersebut cukup menunjukkan kartu nelayan mereka sehingga bisa membeli elpiji di pangkalan khusus tersebut," ujar Sandy.

 Dalam kesempatan itu, Sandy menambahkan, untuk penyediaan pangkalan khusus tersebut, secepatnya akan pihaknya sediakan. "Kalau tidak ada halangan awal bulan November 2018 sudah disediakan," katanya.
Dalam kesempatan itu, Sandy menambahkan dengan program konversi dari BBM ke BBG (bahan bakar gas), maka bisa melakukan penghematan operasional para nelayan kecil menjadi salah satu alasan pelaksanaan program yang mulai dijalankan di Pulau Kalimantan sejak September 2018 tersebut.

 "Dukungan Pertamina terhadap program ini adalah terkait penugasan yang diberikan pemerintah yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018," katanya.

 Lebih lanjut, dijelaskannya sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 gross tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 horse power (HP). 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018