Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kontes ikan arwana super red di Kapuas Hulu wilayah Kalimantan Barat akan diikuti oleh lima negara yang akan dilaksanakan pada 25 - 26 Oktober 2018. 

"Sampai saat ini sudah ada 80 peserta dari lima negara yang akan ikut dalam kontes arwana super red," kata Ketua Komunitas Pecinta Arwana Indonesia, Junaidi kepada Antara di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu.

Ia menjelaskan lima negara yang akan ikut kontes arwana tersebut yaitu China, Singapure, Malaysia, Korea dan Indonesia.

Baca juga: Kontes ikan arwana akan digelar di perbatasan Indonesia - Malaysia

Pada kontes arwana super red, kata Junaidi ada beberapa kategori yang akan dilombakan diantaranya kategori 20 - 30 cm (small), 31 - 40 cm (Medium), 41 - 50 cm (Large), lebih dari 51 cm (XL), Unik (ukuran bebas) dan SB lebih dari 12 cm.

"Kontes arwana yang kita laksanakan itu dalam rangka memeriahkan Festival Danau Sentarum apalagi ikan arwana habitatnya dari Danau Sentarum," jelas Junaidi.

Baca juga: Melepasliarkan ikan Arwana di Danau Sentarum

Salah satu tujuan kontes arwana dilaksanakan untuk mempromosikan potensi wisata di Kapuas Hulu sekaligus mengenalkan habitat asal ikan arwana dari Danau Sentarum.

Diharapkan dengan dilaksanakan kontes arwana super red itu orang tahu bahwa habitat asli ikan arwana super red itu di wilayah Kapuas Hulu.

"Tentu itu menjadi harapan bersama pelaksanaan Festival Danau Sentarum dapat mengali potensi wisata dan potensi lainnya termasuk ikan arwana yang menjadi kebanggaan masyarakat Kapuas Hulu," ucap Junaidi.


 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018