Sintang (Antaranews Kalbar) - Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono menitip pesan agar TNI AD khususnya dapat menjadi prajurit petarung yang handal di medan perang namum tetap menjujung tinggi moral. 

Hal itu ditegaskannya saat melakukan kunjungan kerja ke Markas Batalyon 642/Kapuas di Kabupaten Sintang, di dampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Sita Mulyono.

"Saya bangga dengan keberhasilan kerja pasukan yang ada di Kalbar ini. Pesan saya agar pembinaan agar terus dilakukan agar para parjurit ini menjadi petarung-petarung yang handal, profesional dan bermoral," tegas Kasad Jenderal TNI, Mulyono di Markas Batalyon 642/Kapuas di Sintang, Selasa.

Tampak hadir dalam kunjungan itu, Asisten Operasi Kasad, Mayor Jenderal  TNI Moch Fachruddin, Asisten Logistik Kasad, Mayor Jenderal TNI Jani Iswanto, dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigjenl TNI Chandra Wijaya, Panglima Kodam XII/Tpr, Mayjen TNI Achmad Supriyadi, Kadispenad Brigjen TNI Alfret Denny D Tuejeh bersama para pejabat teras Kodam XII/Tpr.

"Kunjungan ini merupakan salah satu program kerja saya ketika dirinya menjabat, ebagai Kasad, saya berkewajiban mengunjungi satuan-satuan dibawah angkatan darat," katanya.

Dikatakannya ia memang berniat melakukan kunjungan kesatuan-satuan, khususnya satuan tempur. Dan pada kesempatan lain ia juga mengunjungi satuan komando kewilayahan.

"Tujuannya yaitu saya ingin mengetahui postur satuan, baik itu personil, aspek pangkalan, professionalisme maupun bidang latihan guna mengetahui apakah anggota melakukan dengan benar atau tidak. Ini salah satu yang harus saya lakukan," katanya.

Ia menambahkan, hasil kunjungan itu akan dijadikan bahan evaluasi dirinya untuk mendukung merealisasikan tuntutan para prajurit. Dan hal itu sengaja Kasad utamakan, karena prajurit inilah satuan-satuan jadi ujung tombak Angkatan Darat. "Saya tahu tugas mereka berat, sebagai apresiasinya hari ini saya sengaja mengunjungi mereka," katanya.

Ia menilai saat ini seluruh prajurit telah melaksanakan tugas-tugas dan operasi yang diberikan dengan baik. Mereka banyak melakukan keberhasilan dalam tugas operasi, termasuk pada pelaksanaan penanganan Pemilu.

"Ini semua bermuara pada Angkatan Darat pada khususnya, dan TNI pada umumnya. Hingga kami tetap mendapatkan kepercayaan dari rakyat. Nah terkait Pemilu nanti, saya tekankan agar seluruh prajurit TNI harus netral," katanya.

Menurut jenderal bintang empat itu  Netralitas harus jadi pedoman pasa setiap prajurit. "Jika ada yang melanggar, pasti ada sanksi.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018