Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, mengimbau kepada masyarakat di kota itu, agar ikut mengheningkan cipta selama 60 detik secara serentak, Sabtu besok (10/11), terkait peringatan Hari Pahlawan.

"Mengheningkan cipta dalam rangka mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan, besok sekitar pukul 08.15 WIB," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Suhra Wardi di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, di lingkungan Pemkot Pontianak, mengheningkan cipta dilakukan bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Wali Kota Pontianak.

"Selama mendengar bunyi sirine sebagai tanda dimulainya mengheningkan cipta, segala aktivitas harus dihentikan sejenak," katanya.

Selain di tempat digelarnya upacara, titik-titik berlangsungnya upacara menghening cipta adalah di pasar, stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan udara, pelabuhan laut dan tempat keramaian lainnya.

Menghening cipta juga bisa dilakukan di rumah, jalan raya (dalam kota), kantor, sekolah dan pabrik yang tidak terlibat pada upacara bendera, dalam kendaraan umum atau pribadi yang berada di jalan raya (dalam kota) agar menghentikan kendaraannya, kapal laut (diumumkan oleh nahkoda kapal), pesawat terbang (diumumkan oleh pilot), dan kereta api (diumumkan oleh ketua regu yang ada di dalam gerbong restorasi).

Hari Pahlawan, kata dia, adalah momentum yang tepat untuk mengenang para pendahulu bangsa, pahlawan dan perintis kemerdekaan, serta para pendiri Republik Indonesia.

"Mari kita luangkan waktu untuk bersama-sama dalam mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia," katanya.

Baca juga: Lomba Baca Menyambut Hari Pahlawan
Baca juga: Sutarmidji Ajak Diknasbud Kenalkan Pahlawan Kepada Pelajar
 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018