Pontianak (Antaranews Kalbar) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengemukakan pembinaan atlet harus dilakukan secara berjenjang, simultan dan sistematis agar mampu melahirkan atlet yang andal.

"Dengan pembinaan model itu, akan lahir atlet-atlet yang bisa membanggakan daerah, bahkan mungkin Indonesia hingga di tingkat internasional," kata Menpora Imam Nahrawi di sela pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar XII 2018 di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak.

Menurut Menpora, ajang Porprov adalah tempat terbaik untuk para atlet agar bisa mempersiapkan diri menuju perhelatan olah raga nasional, khususnya PON 2020 di Provinsi Papua.

Menpora mengatakan dari ajang Porprov inilah akan lahir bibit-bibit atlet terbaik berbagai cabang olahraga dari Kalbar.

"Kami berharap para atlet juga bisa menunjukkan hasil latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya di ajang Porprov ini, sehingga nantinya bisa dilakukan evaluasi untuk menghadapi perhelatan olahraga yang lebih besar lagi," katanya.

Pada kesempatan itu Menpora mengajak para atlet untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, karena para atlet harus percaya dengan kemampuan yang dimilikinya, dan bukan malah melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan.

Sementara itu, Ketua KONI Kalbar Fachrudin D Siregar mengatakan Porprov XII 2018 adalah perhelatan olahraga terbesar di Kalbar yang mempertandingkan 44 cabang olahraga, meningkatkan dibanding Porprov sebelumnya yang hanya 35 cabang olahraga.

"Penyelenggaraan Porprov ini merupakan ajang pemanasan untuk menuju PON 2020 di Papua. Dan, saya pastikan tidak ada mutasi atlet dari luar Kalbar pada Porprov XII ini," katanya.

Sehingga, lanjutnya, bagi para atlet di ajang Porprov ini adalah ajang untuk menunjukkan kemampuan diri. Selain itu, bagi yang berprestasi bisa mendapatkan tempat yang mudah untuk melanjutkan pendidikannya di Untan dan Polnep di Kalbar, karena KONI sudah melakukan nota kesepahaman dengan dua perguruan tinggi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Fachrudin mengajak para atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam Porprov ini. KONI akan bahu membahu dalam meningkatkan prestasi atlet di provinsi itu, yang semuanya dilakukan untuk kemajuan Kalbar.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018