Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepengurusan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Kalimantan Barat cabang Singkawang, Mempawah, Sanggau, Sintang dan Ketapang dilantik di Pontianak, Sabtu.

Ketua Umum AKP2I Suherman Saleh pada pelantikan itu mengajak pengurus cabang di Kalbar untuk terus menyosialisasikan peraturan perpajakan dan penyadaran pada wajip pajak (WP).

"Pengurus daerah AKP2I Kalbar dan lima pengurus cabang yang baru dilantik teruslah membantu Direktorat Jenderal Pajak atau DJP sebagai mitra untuk melakukan sosialisasi dan penyadaran kepada WP tentang pajak," ujarnya.

Suherman juga meminta kepada DJP Kabar untuk membantu kepengurus AKP2I Kalbar seperti dalam hal penyuluhan dan seminar dengan menyiapakan tenaga ahli.

"Dengan posisi kita yang strategis dalam mendukung penyadaran WP untuk membayar pajak, maka kerjasama dan bantuan dari DJP Kalbar sangat dibutuhkan. Kita dari AKP2I terus berbuat untuk bangsa dengan mengedepankan profesionalisme," kata dia.

Dalam pelantikan tersebut hadir Kepala Biro Perekonomian Setda Kalbar, Herkulana dan Kepala DJP Kalbar, Slamet S. Herkulana dalam sambutannya yang mewakili Gubernur Kalbar, Sutarmijdi menyambut baik hadirnya pengurus cabang AKP2I karena selaras dengan misi yang sudah dicanangkan pemerintah provinsi.

"Kedudukan AKP2I sangat strategis dalam penerimaan daerah atau pajak. Itu selaras dengan pencanangan yang dilakukan Gubernur Kalbar yang baru untuk meningkatkan penerimaan pajak di Kalbar," kata dia.

Sejauh ini dan ke depan menurut Herkulana peran APK2I terus dibutuhkan dalam penyadaran dan sosialisasi tentang pajak.

"Hadirnya APK2I diharapakan juga terus bisa mendorong peningatan kualitas pelayanan kepada WP sebagai kontrol sosial sehingga iklim perpajakan nasional dan daerah baik. Selamat kepada pengurus yang sudah dilantik," kata dia.

Sementara itu juga, Kepala DJP Kalbar, Slamet S juga sangat menyambut baik APK2I karena dapat membantu pihaknya untuk meningkatkan kesadaran WP membayar pajak.

"Kita juga meminta APK2I untuk mensosialisasikan dan mendorong masyarakat yang sudah memiliki penghasilan untuk membuat NPWP," kata dia.

Pada kesempatan itu, Slamet mengajak semua pihak untuk membayar pajak sebagaimana semestinya dan sesuai ketentuan yang sudah berlaku.

"Pembangunan di Indonesia sekitar 75 persennya bersumber dari pajak. Untuk itu agar pembangunan ini kian masif tugas bersama kita untuk membayar pajak. Dengan membayar pajak kita ikut membangun bangsa," kata dia.

Setelah pelantikan pengurus cabang, Pengurus Daerah APK2I Kalbar menggelar kuliah umum untuk sejumlah mahasiswa dan anggota APK2I di Kalbar.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018