Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Kepolisian Daerah Kalbar Irjen (Pol) Didi Haryono menyatakan, kebanggaannya atas kinerja Polwan dalam berperan serta menjaga Kamtibmas di Kalbar.

"Kami mengucapkan terima kasih serta bangga kepada seluruh polisi wanita yang mana sesuai dengan kodratnya yang juga sebagai seorang ibu, sangat berkontribusi aktif dalam menjaga stabilitas Kamtibmas di Kalbar," kata Didi Haryono dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Hari Ibu di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, apalagi selama tahun 2018 beragam dinamika dan agenda Kamtibmas yang dipenuhi dengan kompleksitas perkembangan kejahatan serta pengaruh globalisasi yang terjadi, membawa satuan polisi wanita Polda Kalbar ikut pula berkembang.

"Hal itu dibuktikan dan ditunjukkan dengan berbagai prestasi polwan-polwan dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisiannya dalam mendukung terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif," ungkapnya.

 Beberapa prestasi yang telah ditorehkan tersebut, seperti dicabang olahraga. Polwan Polda Kalbar telah mengikuti dan memenangkan Porprov khususnya di cabang beladiri, lempar lembing dan lempar cakram, ujarnya.

Sedangkan di bidang tugas-tugas kepolisian, Polwan Polda Kalbar juga berperan aktif dalam tugas reserse seperti pengungkapan jaringan TKI ilegal, judi daring dan beberapa kasus narkoba, selanjutnya juga ikut serta pula dalam kejuaraan menembak tingkat nasional.

Polwan merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepolisian baik kesatuan lalu lintas, pengamanan unjuk rasa sampai peran aktif dalam penanganan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

Komitmen yang dilakukan Polwan Polda Kalbar tentunya mengedepankan prinsip prinsip "zero-tolerance" melaksanakan tugas secara profesional dengan sangat serius, hal ini dibuktikan dengan hasil selama tahun 2018 sebanyak 568 personel perempuan, tidak satupun yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik, apalagi pidana, jelas Kapolda Kalbar.

Didi menambahkan, dalam peringatan Hari Ibu ini semua pihak perlu berbangga sebagaimana Polwan sendiri merupakan bagian dari ibu secara kodratnya, namun Polwan tetap mampu untuk profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian sesuai dengan tantangan tugas-tugas Polri yang lebih kompleks lagi.

 "Kita semua berharap dengan kehadiran Polwan yang tangguh terampil dan bermartabat tentunya akan mampu memunculkan situasi Kamtibmas yang selalu terjaga kondusif serta berperan lagi terhadap seluruh agenda-agenda pembangunan di Kalbar," ucapnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018