Pontianak  (Antaranews Kalbar) -  Direktur RSUD Bengkayang, Semuel Gerits Rahanra mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat di daerah itu.
       
"Kami keluarga besar RSUD Bengkayang akan selalu meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, pelayanan dengan hati dan profesional sesuai standar pelayanan dengan memprioritaskan keselamatan pasien," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.
     
Terkait proses akreditasi, menurutnya tim yang dibentuk sejak bulan September 2018 lalu untuk mengurus hal tersebut tengah bekerja keras untuk memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang merupakan lembaga resmi yang ditunjuk dan berwenang untuk melakukan survei verifikasi dan survei akreditasi.
     
"Dalam akreditasi RSUD Bengkayang juga dituntut untuk memiliki nama rumah sakit, logo, visi dan misi. Oleh karena itu saya berharap kepada Ketua Tim Akreditasi RSUD Bengkayang segara kita merampungkan semua persyaratannya," kata dia.
     
Sementara itu, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot menyebutkan ada beberapa unsur pokok dalam pelayanan prima yang harus dilakukan RSUD Bengkayang. Unsur tersebut di antaranya adalah kemapuan, sikap, penampilam, perhatian, tindakan dan tanggungjawab.
     
"Kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif serta mengembangkan motivasi, sikap melayani pelanggan dengan berpikir positif sehat dan logis serta melayani pasien dengan sikap selalu menghargai dan penampilan yang bersifat fisik maupun non fisik akan mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dari masyarakat," papar diam
     
Lanjutnya, perhatian sangat penting yaitu dengan kepedulian penuh terhadap pasien dan keluarganya yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pasien maupun pemahaman atas saran dan kritikan.
     
"Tindakan yang nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pasien. Tanggung atau sikap keberpihakan kepada pasien sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan terjadinya kerugian atau ketidakpuasan masyarakat khususnya pasien juga harus dilakukan dengan maksimal," jelas dia.
     
Menurutnya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 khususnya pada misi keempat bahwa pihaknya akan meningkatkan pelayanan Klkesehatan yang berkualitas dan merata di seluruh Kabupaten Bengkayang.
     
"Untuk memenuhi itu RSUD Bengkayang dituntut untuk terus melakukan perbaikan dan pemenuhan pelayanan kesehatan rujukan kepada masyarakat. Saya mengharapakan manajemen RSUD Bengkayang bekerja keras untuk memenuhi semua persayaratan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Direktur RSUD saya persilahkan untuk bertindak dan berbuat untuk memajukan RSUD Bengkayang dan mengambil langkah langkah terbaik," pesan dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019