Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 75 peserta mengikuti seleksi Relawan Demokrasi (Relasi) yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang di Kantor KPU setempat.

"Kita akan merekrut 55 orang hasil seleksi yang dibagi ke dalam 10 segmen basis pemilih. Antara lain, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, dan warga internet (netizen)," kata?Ketua KPU Kota Singkawang, Riko di Singkawang, Selasa.

Menurutnya, program Relasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pemilu. Selain itu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Oleh karenanya, perekrutan Relasi ini untuk membantu menyosialisasikan tahapan pemilu hingga ke masyarakat secara menyeluruh.

Baca juga: KPU Kota Singkawang data keluar masuk orang dengan gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa
Baca juga: KPU Kota Singkawang buka pendaftaran relawan demokrasi
Baca juga: KPU Kota Singkawang minta PPK mengunduh aplikasi Pemilu

KPU menargetkan partisipasi pemilih hingga 77 persen. Maka dari itu, untuk mencapai target tersebut dibentuklah Relawan Demokrasi.

"Para Relasi nantinya akan menjadi mitra dari PPS, PPK, dan KPU itu sendiri," tuturnya.

Pendaftaran Relasi dimulai pada 7-16 Januari 2019. Ada 15 persyaratan untuk mengikuti Relasi, antaralain, berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar, pendidikan minimal SLTA/sederajat, berdomisili di wilayah setempat, nonpartisan parpol, dan lain sebagainya.

"Persyaratan tersebut dibuktikan dengan fotocopy KTP, ijazah SLTA/sederajat, pas foto 4?6 sebanyak 4 lembar, surat pernyataan bersedia menjadi relawan, sudah terdaftar dalam DPT, bukan bagian dari penyelenggara, CV, dan lainnya," ujarnya.

Hasil dari seleksi Relasi akan KPU umumkan pada 17 Januari 2019. "Yang terpilih nantinya akan mengikuti bimbingan teknis untuk mempersiapkan program-program sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019