Pontianak (Antaranews Kalbar) - Tim SAR Pontianak, akhirnya menemukan Aminah (50) seorang pencari rotan setelah sempat hilang sejak Sabtu (24/1) dalam keadaan selamat.

"Kami menemukan Aminah dalam keadan selamat, tetapi kondisinya sudah lemah karena selama enam hari bertahan hidup dengan hanya memakan pucuk rotan," kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika di Pontianak, Rabu.

Aminah adalah salah seorang warga Dusun Tabau Makmur, Desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, yang hilang sejak Sabtu (24/1) di hutan dekat rumahnya saat hendak mencari rotan. Usaha pencarian sempat dilakukan keluarga dan masyarakat setempat, namun tidak membuahkan hasil.

"Alhamdulillah Aminah berhasil diselamatkan setelah kami turut membantu pencarian korban, sejak Selasa(29/1) yang bergabung bersama unsur SAR dan warga setempat dalam mencarinya," kata Hery.

Dia mengemukakan, Aminah ditemukan sekitar pukul 06.00 WIB yang berjarak sekitar 4,62 kilometer dari lokasi hilangnya.

 "Saat ditemukan Aminah sedang berada di tepi sebuah sungai, dan dalam kondisi lemah karena sudah enam hari selama hilang hanya memakan pucuk rotan hingga akhirnya ditemukan," ujar Hery.

Setelah Aminah berhasil dievakuasi ke rumahnya, dan sudah dilakukan pemeriksaan medis sehingga dinyatakan aman dan sehat. "Maka korban kami menyerahkan kepada pihak keluarga untuk penanganan selanjutnya," kata Hery.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua unsur dan kalangan masyarakat yang telah ikut melakukan pencarian sehingga Aminah ditemukan dalam keadaan selamat.

"Kami berharap kerja sama yang baik tersebut bisa terus ditingkatkan lagi, sehingga apabila memang dibutuhkan maka potensi SAR tersebut bisa membantu dalam melakukan tugas SAR ke depannya," ujar Hery.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019