Pontianak (Antaranews Kalbar) - PDAM Kubu Raya terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat pelanggan PDAM Kubu Raya, salah satu upaya yang sedang dilakukan dengan menyisir pipa yang mengalami kebocoran.

"Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memperlancar aliran air kepada pelanggan. Di samping itu juga melalui pemeliharaan jaringan dan penanganan pipa bocor dapat menekan debit air yang terbuang sia-sia," kata Pejabat Sementara Dirut PDAM Tirta Raya Kubu Raya Agung, saat meninjau langsung lokasi bocornya pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) milik PDAM Tirta Raya Kubu Raya, Rabu.

Agung menjelaskan upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan PDAM Tirta Raya Kubu Raya, dengan melakukan penanganan cepat atas persoalan kebocoran pipa yang terjadi.

"Kita mendapat informasi tadi pagi kalau ada kebocoran pipa di sini, langsung kita kerahkan tenaga untuk mengatasinya. Ini kita lakukan agar pendistribusian air ke pelanggan jangan sampai terganggu," tuturnya.

Baca juga: Pendistribusian Air Bersih Terhambat Akibat Pipa Bocor
Baca juga: Wabup Sekadau Tinjau Pipa Air Sirin Meragun yang Bocor

Saat memimpin langsung pengerjaan pipa yang mengalami kebocoran,

Agung mengatakan pihak PDAM Tirta Raya Kubu Raya saat ini terus berbenah guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Dikatakan Agung, di samping memberikan kenyamanan bagi pelanggan, juga sekaligus menekan kerugian akibat dari kebocoran pipa.

"Kalau terjadi kebocoran kan banyak air yang terbuang sia-sia. Juga akan terganggu ke pelanggan, sebab yang tadinya lancar, karena ada kebocoran debit air yang mengalir ke pelanggan kan akan berkurang atau melambat, bahkan bisa berhenti," katanya.

Untuk itu, pihaknya langsung mengambil tindakan cepat, dimana saya bersama teman-teman walaupun hujan, tetap kita kerjakan. Bagi kita yang terpenting adalah pelanggan tidak terganggu.

Agung saat ditemui dilokasi menjelaskan, ada beberapa faktor yang menimbulkan terjadinya kebocoran pipa. Salah satunya adalah faktor cuaca, kemudian akibat dari tekanan air yang semakin kuat.

Baca juga: Pipa Induk Air Bersih Sirin Meragun Sekadau Bocor
Baca juga: Pipa Air PDAM Simpang A. Yani Pontianak Bocor

Hal ini terjadi setelah beberapa waktu lalu sudah dilakukan pembersihan pipa oleh PDAM Kubu Raya. Sehingga yang tadinya air yang mengalir dalam pipa kecil karena penyumbatan lumpur, setelah dibersihkan tekanan air menjadi sangat kuat.

"Untuk sebagian pipa yang usianya sudah tua tidak mampu menahan debit air yang tinggi.Jadi perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan pipa kita bocor, diantaranya adalah faktor cuaca," tuturnya.

Namun, pihaknya bersyukur bahwa setelah kita lakukan pembersihan dan pencucian pipa beberapa waktu lalu, membuat tekanan air menjadi kuat. "Sehingga pipa-pipa kita yang sudah tua mengalami kebocoran. Dan ini akan terus kita benahi," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019