Putussibau  (Antaranews Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu,  Abang Muhammad Nasir mengakui di pemerintahannya kini banyak jabatan setingkat eselon II yang masih kosong karena masih mengupayakan pelaksanaan lelang jabatan.

"Tentu itu sudah melalui berbagai pertimbangan dalam pengangkatan penjabat sekda, apalagi banyak jabatan eselon II saat ini masih kosong," kata Bupati Abang Muhammad Nasir di Putussibau, Senin, saat melantik penjabat Sekda Kapuas Hulu H Sarbani.

Menurut Nasir, jabatan penjabat sekda itu juga sama dengan jabatan definitif, namun itu memiliki batasan waktu. 

Oleh sebab itu, diharapkan penjabat sekda Kapuas Hulu segera melakukan koordinasi terkait jabatan lelang, selain untuk sekda definitif juga mengisi kekosongan sejumlah jabatan eselon II yang masih dijabat rangkap oleh sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD). 

"Mau tidak mau kita harus mengambil keputusan dengan melantik Pj Sekda, karena itu menyangkut juga pelayanan administrasi secara luas," kata Nasir. 

Dirinya berharap penjabat sekda Kapuas Hulu yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya. 

Nasir mengatakan, jabatan sekda itu merupakan jabatan strategis terutama dalam membangun kepala daerah dalam menyusun program kebijakan.

"Tapi perlu diingat, sekda tidak bisa menjadi pengambilan keputusan kebijakan, yang bisa memutuskan kebijakan yaitu kepala daerah," kata Nasir.

Penjabat Sekda Kapuas Hulu resmi dijabat H Sarbani yang juga merupakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kapuas Hulu serta pelaksanaan tugas Kepala Badan Inspektor Kapuas Hulu.

H Sarbani mengatakan siap menjalankan tugas sesuai aturan berlaku, hanya saja karena itu jabatan bukan definitif sehingga dirinya akan melanjutkan program yang sebelumnya. 

"Saya hanya melanjutkan kinerja pejabat sebelumnya, karena saya penjabat bukan definitif," ucap Sarbani. 

Meski demikian, apapun tugas dan fungsi sekda, dirinya siap melaksanakan terutama akan segera melakukan koordinasi terkait lelang jabatan yang masih kosong.

"Jabatan eselon II yang masih kosong memang harus segera terisi demi kelancaran pembangunan di Kapuas Hulu dan kami akan koordinasi dengan Menpan," kata Sarbani.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019