Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, didampingi para Kepala Dinas (Kadis) dan Komandan Satuan memeriksa puluhan kendaraan dinas dijajaran Lanud Supadio, dalam apel kendaraan di jajarannya.

Satu persatu kendaraan dinas beserta operatornya diperiksa langsung oleh Danlanud Supadio.

"Kegiatan apel kendaraan ini sangat penting bagi kesiapan operasional Lanud Supadio, dengan adanya apel sekaligus pengecekan kendaraan ini dapat diketahui tingkat kesiapan dan kemampuan kendaraan dinas yang dimiliki Lanud Supadio guna mendukung kelancaran kegiatan operasional," kata Palito di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, bukan hanya kesiapan kendaraan namun yang tidak kalah penting adalah surat-surat kendaraan dan kelengkapan surat dari operator kendaraan dinas tersebut.
 
Danlanud Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, didampingi para Kepala Dinas (Kadis) dan Komandan Satuan memeriksa puluhan kendaraan dinas dijajaran Lanud Supadio. (ist)


"Jangan kendaraan bagus dan siap namun personel yang menggunakannya tidak mempunyai SIM TNI," tuturnya.

Ia menambahkan bagi setiap anggota yang telah ditugaskan sebagai operator untuk menggunakan kendaraan dinas agar merawat kendaraan dinas tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dengan adanya kendaraan yang baik berdampak kepada meningkatnya kesiapan tugas-tugas operasional Lanud Supadio. Oleh karenanya perlakukan kendaraan dinas seperti kita memperlakukan kendaraan pribadi.

"Bagi operator yang belum mempunyai SIM TNI atau SIM TNI-nya sudah tidak berlaku lagi, segera diurus dan lapor ke Satpomau agar SIM TNI tersebut dapat berlaku lagi. Karena kelengkapan surat-surat pribadi tidak kalah pentingnya dengan kesiapan kendaraan itu sendiri," kata dia.
 
Danlanud Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, didampingi para Kepala Dinas (Kadis) dan Komandan Satuan memeriksa puluhan kendaraan dinas dijajaran Lanud Supadio. (ist)



Ditempat yang sama, Kasisarban Lanud Supadio Mayor Tek Ferry Zarpian menjelaskan kegiatan pengecekan atau pemeriksaan kendaraan dinas meliputi berbagai perlengkapan kendaraan.

Selain itu juga diperiksa surat-surat kendaraan dan surat-surat kelengkapan anggota yang menjadi operator kendaraan dinas tersebut.

"Dengan adanya pengecekan secara langsung seperti ini tentunya kita dapat mengetahui kondisi kendaraan. Bila kendaraan tersebut ada masalah dapat segera diperbaiki dan jangan masalah tersebut dibiarkan karena akan berdampak buruk bagi personel yang mengendarai kendaraan tersebut bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019