Petani swadaya di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar mengembangkan buah jambu air Deli dengan merek pasar Green Honey yang rasanya sangat manis.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero saat melakukan kunjungan di kebun jambu air  di Kubu Raya, Kalbar, Jumat, menyatakan rasa bangganya. 

Di areal satu hektare itu ditanam  300 pohon jambu yang dirawat melalui perawatan maksimal dengan nutrisi  dan pupuk kompos yang merupakan hasil  racikan  petani tersebut.

"Baru kali ini saya merasakan jambu air semanis ini. Kita sangat terkesan hasil budidaya hortikultura jenis jambu yang dikembangkan petani, Bapak Michael," ujar Hero.

Ia menjelaskan dengan kemauan dan sering melakukan uji coba di kebun sendiri serta disiplin dalam merawat, pemilik jambu bisa sukses menghasilkan buah yang manis.

"Petani jambu tersebut membuktikan bahwa dengan ditekuni dan dengan komitmen serius dalam pertanian maka hasilnya tidak bisa membohogi," jelas dia.

Dengan kualitas  terbaik, ujarnya,  pemilik jambu tidak perlu susah menjualnya karena pembeli  akan datang sendiri ke kebun dan bahkan harus memesan terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

"Masyarakat atau pelanggan jambu green honey harus pesan dulu baru bisa dapat jambu tersebut. Artinya pasarnya sangat luas dan luar biasa. Kita sangat mengapresiasi dan mendorong petani lainnya untuk serius, jeli melihat peluang dan bisa mencontoh green honey, terlepas buah apapun," katanya.

Pemilik jambu hanya menginformasikan melalui media sosial Instagram dan Whattsapp kepada pelanggan atau masyarakat umum, tambahnya.

Sementara itu, pemilik kebun Green Honey, Michael mengatakan, masyarakat yang mau membeli harus pesan lebih dulu sebab sebagian besar pembelinya merupakan pelanggan.  

Untuk promosi ia mengatakan, hanya menggunakan media sosial. Ketika buah hampir matang dia hanya tinggal menginformasikan dan pelanggan memesan.

 "Saya di sini selain menjual buah juga menjual bibit dan pupuk racikan saya sendiri agar bibit yang ditanam pembeli rasanya juga ikut manis. Potensi di Kalbar ini sangat baik untuk jambu karena cahaya matahari sangat cukup sehingga buah juga manis," papar dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019