Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat telah mengikuti rapat kerja teknis penyelesaian proses pemilu gelombang satu yang di selenggarakan di Jakarta 29 - 31 Maret 2019 belum lama ini.
 
"Ada beberapa poin yang dibahas dalam rapat itu, terutama penyelesaian sengketa Pemilu," kata Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta'an di hubungi Antara, di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.
 
Dikatakan Musta'an, salah satu tujuan rapat kerja itu untuk mempertajam lagi dalam pengawasan, penyelesaian serta penindakan sengketa pemilu.
 
Khusus di Kapuas Hulu, kata Musta'an pihaknya hingga jajaran kecamatan dan desa mau pun dusun siap mengawasi dan mengawal pelaksanaan pemilu.
 
"Kami siap mengawasi dan mengawal pemilu agar pemilu berkualitas dan berintegritas sehingga lahir wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas pula," ucap Musta'an.
 
Terkait pelanggaran kata Musta'an, Bawaslu Kapuas Hulu siap bertindak dengan tegas sesuai aturan tanpa pandang buluh. 
 
Meski pun demikian, Musta'an mengajak masyarakat untuk bersama dengan Bawaslu mencegah, mengawasi dan melaporkan pelanggaran Pemilu.
 
Selain itu, dia mengimbau agar peserta pemilu, partai politik dan tim sukses untuk berpolitik santun dan tidak memainkan politik uang dan politik identitas karena sanksinya sudah jelas diatur dalam Undang - Undang.
 
"Harapan kita tentunya Pemilu 2019 di Kapuas Hulu berjalan aman dan lancar perlu kerjasama semua pihak baik itu penyelenggaraan, masyarakat mau pun dalam pengawasan," kata Musta'an.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019