Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan simulasi evakuasi bencana terutama untuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melibatkan generasi muda dari kalangan pelajar.
 
"Kapuas Hulu sangat rawan bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan, banjir serta tanah longsor dan angin puting beliung," kata Plt Kepala BNPB Kapuas Hulu, Rupinus saat pembukaan simulasi bencana alam di halaman SMPN 05 Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.
 
Dikatakan Rupinus, kegiatan simulasi bencana alam itu sengaja dilaksanakan di SMPN 05 Putussibau, karena memang di sekitar SMP tersebut sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.


Baca juga: TNI bantu evakuasi warga terjebak banjir
 

Menurut dia, simulasi evakuasi bencana perlu dilakukan secara rutin dan dikenalkan kepada generasi muda, sehingga mereka memiliki pengetahuan dasar dalam penanggulangan bencana.
 
"Apabila terjadi bencana alam baik kebakaran atau pun banjir minimal generasi muda kita sudah tahu cara menanggulanginya," ucap Rupinus.
 
Dia berharap masyarakat tetap siaga dan bisa mengantisipasi sedini mungkin dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.*
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019