Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Sabtu, menutup resmi Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXV tahun 2019 tingkat Provinsi Kalbar yang digelar selama delapan hari di Stadion Kridasana, Kota Singkawang. Kota Pontianak menjadi juara umum dengan mendapat 36 poin.

Dalam kesempatan itu, Ria Norsan juga dipercaya untuk membuka event "Ramadhan Fair Singkawang Hebat" dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri yang dipusatkan di Mess Daerah selama satu bulan penuh.

Pembukaan event ini ditandai dengan pelepasan "Tanglung" sebanyak 1.440 buah ke udara.

"STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang ini telah memberikan ruang bagi qori dan qoriah untuk dapat menampilkan bakat yang dimiliki di bidang seni baca dan hafalan ayat suci Al Quran serta Hadits kepada masyarakat," kata Ria Norsan.

Sehingga, kata dia,  selama delapan hari berlangsungnya STQ tanpa disadari telah menciptakan suasana shalawat dan kemeriahan tersendiri yang tidak hanya dirasakan oleh peserta saja, tapi juga dirasakan oleh masyarakat Kalbar, khususnya Kota Singkawang.

Dia yakin, semua peserta sudah menyiapkan diri mulai dari mental dan kemampuan untuk melakukan perjuangan. Namun sejatinya perjuangan itu tidak akan pernah berakhir sehingga masih ada kesempatan dan peluang-peluang lain yang dapat dicoba dan dapat menghantarkan kita pada tangga kesuksesan.

"Jangan pernah berhenti untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan diri kita masing-masing. Mengingat sebentar lagi STQ tingkat nasional yang Insya Allah akan berlangsung di Kota Pontianak sekitar tanggal 27 Juni 2019," katanya.

Ia berharap qori dan qoriah Kalbar yang sekarang dinobatkan mendapat predikat terbaik dapat memberikan harapan dan kesuksesan untuk masyarakat Kalbar.

"Dan kita sebagai tuan rumah mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kalbar," katanya.

Melalui bimbingan pelatih-pelatih yang andal, kata dia,  nantinya diharapkan dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk Kalbar. "Mudah-mudahan melalui STQ di Singkawang ini memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kalbar," katanya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalbar, panitia dan semua pihak atas partisipasinya dalam menyukseskan penyelenggaraan STQ ini.

"Semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan STQ ini menjadi amal sholeh yang diridhoi Allah SWT," katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dewan hakim yang sudah bekerja secara maksimal dan ikhlas sehingga menghasilkan para pemenang.

"Kepada peserta yang meraih juara kita ucapkan selamat, semoga prestasi ini bisa dipertahankan dimasa mendatang. Bagi yang belum berhasil agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan-kesempatan yang akan datang," katanya.

Sementara itu, berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar tertanggal 2 Mei 2019 tentang juara umum STQ XXV tingkat Kalbar, menetapkan Kota Pontianak sebagai juara umum dengan perolehan sebanyak 36 poin.

Sementara peringkat kedua diraih Kabupaten Mempawah dengan perolehan sebanyak 31 poin, peringkat ketiga Kabupaten Kubu Raya dengan perolehan sebanyak 21 poin, peringkat keempat Kota Singkawang dengan perolehan sebanyak 11 poin dan peringkat kelima Kabupaten Sanggau dengan perolehan sebanyak 8 poin.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019