Mobilitas kendaraan di Jembatan Kapuas II di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar saat ini sudah kembali normal dan lancar.

Sebelumnya pada Jumat pukul 00.10 WIB sejumlah rangka atas jembatan yang membentang  Sungai Kapuas tersebut terlepas karena benturan alat berat yang dibawa sebuah tronton yang melewati.

“Arus kendaraan dan orang sudah lancar saat ini. Saya lihat kerangka sudah diperbaiki. Bekas benturan dengan tronton masih ada di kerangka atas jembatan tersebut. Dipastikan itu seperti tidak diganti hanya diluruskan saja,” ujar satu di antara warga Pontianak yang setiap harinya melewati jembatan tersebut, Tono di Pontianak, Jumat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Manto Saidi membenarkan bahwa terjadi peristiwa terlepasnya kerangka atas Jembatan Kapuas II tersebut.

"Peristiwanya terjadi tengah malam tadi. Tronton tersebut bermuatan mesin berangkat dari Pelabuhan Dwikora Pontianak dengan tujuan ke PT Peniti Sungai Purun di Wajok, Kabupaten Mempawah,” jelas dia.

Ia menyebutkan bahwa pada saat menanjak Jembatan Kapuas II tidak ada masalah. Namun setiba di bagian atas, terjadi benturan muatan dengan bagian rangka atas jembatan yang mengakibatkan rangka tersebut lepas dan tersangkut pada muatan kendaraan tronton.

“Lepas nya rangka atas Jembatan Kapuas II, membuat tronton tidak bisa untuk mundur.Sopir memutuskan tetap melanjutkan perjalanan sampai menuruni jembatan yang mengakibatkan beberapa rangka atas Jembatan Kapuas II mengalami kerusakan,” papar dia.

Lanjutnya, akibat hal itu dilakukan tindakan evakuasi oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya korban dan melancarkan arus lalu lintas di Jembatan tol Kapuas II.

“Pihak kepolisian mengevakuasi rangka besi yang roboh. Kemudian, mengamankan surat menyurat berikut sopir dan kendaraan nya. Proses evakuasi berjalan selama kurang lebih tiga jam. Pada peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, evakuasi berjalan aman dan lancar,” papar dia.

Jembatan Kapuas II merupakan jembatan yang menjadi sangat vital dalam mendorong dan mobilisasi orang dan barang. Hal itu karena melalui jembatan tersebut menghubungan antara Kota Pontianak dan Kubu Raya dengan 12 kabupaten dan kota lainnya di Kalbar.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019