Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bersama anggota TNI, Polri, Ormas, mengikuti apel peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Ketapang, Sabtu pagi.

Sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono, yang dibacakan Wakil Bupati Suprapto S, saat menjadi inspektur upacara mengatakan Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, buat bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai Pancasila kita akui bahwa eksestensi keIndonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila “ kata Wabup Suprapto.

Dikatakan Wabup Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan keberagaman kondisi geografis flora fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat merajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari.


 

Pewarta: Humas Ketapang

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019