Wakil Bupati (Wabup) Ketapang Drs H Soeprapto S, melaksanakan Sholat Idul Fitri 1440 H tahun 2019 bersama ribuan umat Muslim di Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang, Rabu.

Sebelum pelaksanaan sholat berjamaah di Masjid Agung Al-Ikhlas terlebih dahulu diumumkan hasil dari pelaksanaan pengumpulan zakat oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ)  masjid.

Sebanyak tiga ton lebih beras berhasil dikumpulkan sedangkan uang terkumpul Rp99 juta lebih.

Dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini bertindak sebagai Imam adalah H Mochtar Abdul Karim S.Pd.i dan sedangkan sebagai Khotib adalah Ketua PC NU Kabupaten Ketapang KH. Jema’ie Makmur.

KH. Jema’ie Makmur. memaparkan makna tentang Idul Fitri. Menurutnya kata fitri yang diserap dari bahasa Arab yakni Fithri atau Fithrah. Sehingga kata Fitri berarti asal kejadian, bawaan sejak lahir dan bisa juga berarti suci.

 Lantaran kita dilahirkan dalam keadaan suci bebas dari dosa. Selain itu menurutnya fithrah juga berarti agama karena keberagamaan mengantar manusia mempertahankan kesuciannya.

 Karena itu dengan melaksanakan puasa Ramadhan dan kembali suci pada hari yang penuh kemenangan itu. Maka kepada jamaah Khotbah singkatnya khatib mengajak untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Khatib juga mengucapkan selamat Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir dan batin.

Pewarta: Humas Ketapang

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019